Listrik di Garut Selatan Dipastikan Aman, Setelah Jebolnya PLTM yang Diduga Akibat Pergerakan Tanah

Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang jebol di Bungbulang, Garut dipastikan tidak mengganggu aliran listrik di Garut selatan

Penulis: Sidqi Al Ghifari | Editor: Darajat Arianto
Dok. Kecamatan Bungbulang
Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat jebol, Senin (28/11/2022) diduga diakibatkan oleh pergerakan tanah. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Garut, Sidqi Al Ghifari

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro yang jebol di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut dipastikan tidak mengganggu aliran listrik di wilayah Garut selatan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Manajer Bagian Jaringan PLN UP3 Garut Said Haryadi.

Menurutnya masyarakat yang berada di wilayah Garut Selatan tidak perlu khawatir, jebolnya pipa PLTM Cirompang tidak berdampak pada aliran listrik.

"Suplai aliran listrik ke masyarakat dipastikan lancar, tidak terdampak," ujarnya saat dihubungi, Selasa (29/11/2022).

Ia menuturkan sumber aliran listrik dari PLTM Cirompang bersifat pararel sehingga tidak mengganggu aliran listrik di wilayah tersebut.

Said menjelaskan, kabar yang sempat beredar di masyarakat terkait aliran listrik yang terganggu adalah kabar tidak benar.

Baca juga: Pipa PLTM Cirompang Pecah, Direktur PT Tirta Jabar Pastikan Segera Diperbaiki

"Kami imbau masyarakat untuk tidak khawatir dengan beredarnya isu soal terganggunya aliran listrik," ungkapnya.

Video detik-detik jebolnya pipa yang melintas di Kampung Rancateureup, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang itu sempat beredar di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Kapolsek Bungbulang, Iptu Usep mengatakan kejadian jebolnya pipa PLTM milik PT Tirta Gemah Ripah (GTR) itu terjadi pada Senin (28/11/2022) siang.

"Kejadiannya kemarin Senin siang sekira pukul 14.00 WIB, itu diduga akibat pergerakan tanah di kawasan tersebut yang labil," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima Tribunjabar.id, Selasa (29/11/2022).

Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat jebol, Senin (28/11/2022) diduga diakibatkan oleh pergerakan tanah.
Pipa air Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro (PLTM) di Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat jebol, Senin (28/11/2022) diduga diakibatkan oleh pergerakan tanah. (Dok. Kecamatan Bungbulang)

Adanya pergerakan tanah menurutnya membuat pipa tersebut tiba-tiba bengkok lalu jebol menyemburkan air lebih dari setinggi 10 meter.

Baca juga: VIRAL Pipa Air Warga Indramayu Keluarkan Solar, Polisi Cek Sekitar Sumur Bor Milik Tuan Rumah

Pipa yang jebol tersebut diketahui merupakan sambungan antar satu pipa dengan pipa yang lainnya. (*)

Silakan baca berita Tribunjabar terbaru lainnya di GoogleNews

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved