Gempa Bumi di Cianjur

Begini Imbauan bagi Warga Korban Gempa Cianjur yang Ingin Kembali ke Rumah Masing-masing

Bupati Cianjur Herman Suherman mengimbau masyarakat yang terdampak gempa untuk segera kembali ke rumah masing-masing.

Penulis: Fauzi Noviandi | Editor: Hermawan Aksan
Tribun Jabar
Bupati Cianjur Herman Suherman mengimbau masyarakat yang terdampak gempa untuk segera kembali ke rumah masing-masing. 

Laporan Kontributor Kabupaten Cianjur, Fauzi Noviandi

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Bupati Cianjur Herman Suherman mengimbau masyarakat yang terdampak gempa untuk segera kembali ke rumah masing-masing.

Imbauan tersebut berlaku bagi masyarakat yang rumahnya tidak mengalami rusak berat dan tidak retak-retak serta tak mengalami kerusakan struktur.

Herman mengatakan, berdasarkan surat keputusan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) hasil dari monitoring selama tujuh hari aktivitas gempa susulan frekuesi kejadiannya semakin jarang.

Baca juga: Warga Khawatirkan Dana Bantuan Pembanguan Rumah Terdampak Gempa Cianjur Tidak Sampai Secara Utuh

"Selain itu magnitudo secara fluktuatif semakin mengecil. Karena itu, masyarakat dapat ke rumah masing-masing, dengan catatan kondisi rumah tidak mengalami kerusakan struktur," kata Herman kepada wartawan di Pendopo, Selasa (29/11/2022).

Masyarakat yang kembali ke rumah, kata Herman, diminta untuk menata perabotan, agar jalur evakuasi tidak terhalang benda apa pun.

"Masyarakat dianjurkan untuk menjauhkan benda-benda berat yang berada di atas perabotan rumah tangga, dan bergelantungan yang dapat berpotensi jatuh serta meninpa," kata dia.

Herman menambahkan, hingga sejauh ini tercatat 63.229 rumah rusak, terdiri atas 26.237 rusak berat, 14.196 sedang, dan 22.796 ringan.

"Kami akan terus melakukan pendataan dan verifikasi rumah rusak akibat gempa bumi, agar proses pembangunan segera terealisasi," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved