ICXP Kolaborasi Anggota Baru, Exotel Perluas Pasar di Indonesia

Indonesia Customer Experience Professionals (ICXP) berkolaborasi dengan anggota baru yaknin Exotel yang ingin memperluas pasar di Indonesia

Editor: Siti Fatimah
istimewa
Ketua Umum ICXP Sri Safitri 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Indonesia Customer Experience Professionals (ICXP), asosiasi profesional pengalaman kustomer di Indonesia, memperoleh anggota baru dari India, Exotel. Kabar membanggakan ini diperoleh setelah Exotel berinisiatif memperluas dan menjangkau pasar negara berkembang, terutama di kawasan Asia-Pasifik.

Shivakumar Ganesan, Co-Founder dan CEO, Exotel, mengatakan, langkah ini ditempuh karena Indonesia adalah negara kunci bagi Exotel yakni pasar terbesar kedua perusahaan beroperasi.

"Bermitra dengan ICXP merupakan tonggak utama dalam perjalanan Exotel dengan Indonesia, karena memungkinkan peningkatan kolaborasi untuk memajukan manajemen keterlibatan pelanggan di Indonesia,"  katanya dalam keterangan pers, Kamis (10/11/2022).

Baca juga: Perkembangan Ekonomi Digital di Indonesia Jadi Daya Tarik Cloud India Exotel

Exotel adalah penyedia platform keterlibatan pelanggan atau Customer Engagement Platform (CEP) yang lengkap dan terkemuka di pasar berkembang dan berfokus layanan virtual operator telekomunikasi dan start up.

Didirikan pada tahun 2011, layanan mereka telah melibatkan 50 juta interaksi dari lebih 6000 perusahaan di India, Asia Tenggara, Timur Tengah, dan Afrika.

Saat ini, beberapa perusahaan dengan pertumbuhan tercepat di pasar negara berkembang menjadi customer mereka.

Seperti Ola, Swiggy, Flipkart, GoJek, Byju's, Urban Company, HDFC Bank, Zomato, Oyo, dan lainnya.

Shivakumar melanjutkan, setelah gabung ICXP, pihaknya berencana berencana mendirikan kantor di Jakarta dalam 1 tahun ke depan.

Baca juga: Telkom Kembali Jadi Satu-Satunya Perusahaan Indonesia di Jajaran Forbes 2022 World’s Best Employer

Hal ini perlu karena berbagi ikatan budaya, sejarah, dan perjalanan Indonesia harus terus dilakukan guna meningkatkan skala digital perusahaan secara eksponensial.

“Apalagi era experience economy sekarang dengan cepat mengubah strategi organisasi karena membuat pengalaman pelanggan berfungsi lebih penting dari sebelumnya. Apalagi persaingan semua industri maki meningkat. Kami berharap kerjasama dengan ICXP ini, maka akan mudah bagi kami mempromosikan praktik terbaru dan terbaik dalam manajemen pengalaman pelanggan,” katanya.

Ketua Umum ICXP Sri Safitri mengatakan, pihaknya bangga dengan keterlibatan anggota baru yang sangat berpengalaman di dunia CX.

Hal tersebut akan makin meneguhkan eksistensi sekaligus pengaruah dari asosiasi profesi tersebut.

Baca juga: Telkom Indonesia dan Google Cloud Jalin Kolaborasi Strategis

“Apalagi ini era kolaborasi, kita tidak bisa unggul, sulit jika sendiri-sendiri. Apa yang bisa diberikan satu sama lainnya, itu yang akan menguatkan para praktisi CX di tanah air untuk menjaga pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia,” ujarnya. 

Exotel, kata dia, melengkapi komposisi anggotanya yang sebagian berasal dari industri yang melayani end user sementara Exotel dari sisi penyedia layanan akan menciptakan interaksi dan sinergi yang bermanfaat dalam lanskap CX di tanah air.

ICXP sendiri pertama diresmikan 9 September 2021 lalu oleh Menteri Pariwisata Sandiaga Uno, beranggotakan banyak praktisi CX terkemuka tanah air.

Selain Ketua Umum Sri Safitri yang memiliki jejak rekam panjang di PT Telkom, juga ada Sekretaris Rudy Dalimunthe sebagai SVP CX Tokopedia serta Bendahara Cut Noosy (Direktur CX Grab Indonesia). Bertindak sebagai pengawas adalah Eva Noor (CEO Xynesis International), Helmi Yahya (Dirut TVRI 2017-2020), dan Ahmad Nugraha (Country Manager Qfree 2013-2019).

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved