Pilpres 2024

Ganjar Pranowo Unggul atas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, Menurut Lembaga Survei Indekstat

Mayoritas warga yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres.

Editor: Hermawan Aksan
istimewa
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, unggul jika diadu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo unggul jika diadu dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto dan eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Hal itu muncul dalam hasil survei Lembaga Survei Indekstat Indonesia yang merilis hasil jajak pendapat tentang elektabilitas calon presiden (capres) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Melalui survei yang dilakukan pada 10-19 Oktober 2022 itu, Indekstat bertanya kepada para responden, "Jika Pemilihan Presiden (Pilpres) dilaksanakan hari ini, dari nama calon berikut siapakah calon yang akan ibu/bapak/saudara pilih?"

Dalam simulasi tiga nama, elektabilitas Ganjar yang paling tinggi dibandingkan Prabowo dan Anies.

Baca juga: Hasil Survei: Banyak Dukungan Beralih dari Prabowo ke Anies Baswedan, Tapi Ganjar Masih Unggul

"Elektabilitas Ganjar berada di angka 35,5 persen," ujar Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri dalam jumpa pers di Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2022).

"Prabowo di posisi kedua dengan elektabilitas 28,2 persen. Dan Anies di posisi ketiga dengan elektabilitas 24,7 persen," katanya lagi.

Akan tetapi, Rikola mengungkapkan, tidak ada dari ketiga nama itu yang berhasil mencapai angka 50 persen.

Karena itu, Rikola menduga Pilpres 2024 akan dilakukan dua putaran jika kompetisi dimulai hari ini.

"Nah, dengan angka ini, kita menduga tidak ada yang sampai 50 persen. Jadi kemungkinan akan ada 2 putaran kalau sekarang dilakukan," katanya.

Survei dilakukan secara tatap muka terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Dengan metode ini, margin of error kurang lebih 2,8 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Diberitakan sebelumnya, elektabilitas Ganjar Pranowo juga unggul dari hasil survei Litbang Kompas bulan Oktober 2022.

Hasil survei juga menyebutkan, mayoritas warga yang puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres.

Rikola Fedri memaparkan, dalam simulasi tiga nama ini, mayoritas masyarakat yang puas dengan kinerja Jokowi memilih Ganjar sebagai capres.

"Dari sekitar 67,9 persen masyarakat yang mengaku puas terhadap Jokowi, sebagian besar mendukung Ganjar dengan 43,5 persen," kata Rikola.

"Kemudian, 27,5 persen mendukung Prabowo, dan sekitar 18,1 persen mendukung Anies," ujarnya lagi.

Rikola mengatakan, sekitar 29,7 persen masyarakat sisanya menyatakan tidak puas dengan kinerja Jokowi.

Ia menyebut mayoritas dari responden yang tidak puas dengan kinerja Jokowi memilih Anies Baswedan sebagai capres.

"Masyarakat yang tidak puas dengan kinerja Jokowi (29,7 persen), mayoritas memilih Anies 40,3 persen dan Prabowo 30,5 persen," ucapnya. (*)

Sebagian artikel ini sudah tayang di Kompas.com

Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved