Persib Bandung

Persib Bandung vs Persija Ditunda, Sampai Kapan? Polda Jabar Tunggu Keputusan Lebih Lanjut

PT LIB dan Polda Jabar setuju laga Persib Bandung vs Persija Jakarta ditunda.

Penulis: Cipta Permana | Editor: taufik ismail
instagram @persib
Persib Bandung melalui Instagram resmi mengumumkan laga melawan Persija Jakarta yang seharusnya dilaksanakan di Stadion GBLA, Minggu (2/10/2022) sore, ditunda. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pertandingan Persib Bandung menjamu Persija Jakarta di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), dalam lanjutan pekan sebelas kompetisi BRI Liga 1 2022/2023 yang rencananya akan digelar sore ini resmi ditunda.

Penundaan pertandingan tersebut, merupakan dampak terjadinya peristiwa kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, yang mengakibatkan lebih dari 130 nyawa suporter dan petugas kepolisian meninggal dunia dalam insiden tersebut.

Kepastian penundaan laga klasik Persib Bandung vs Persija pun diumumkan kepada publik, setelah PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) menggelar rapat koordinasi bersama Polda Jawa Barat, Minggu, 2 Oktober 2022 pagi.

Direktur PT PBB Teddy Tjahjono menyampaikan rasa belasungkawa dan keprihatinan atas peristiwa nahas yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang kemarin. Menurutnya, insiden tersebut menjadi duka bagi sepak bola nasional. 

"Sebelumnya, kami menyampaikan turut belasungkawa atas kejadian yang memang menjadi duka bagi sepak bola nasional. Maka atas dasar rasa empati karena adanya musibah di Malang, jadi kami sepakat untuk dilakukan penundaan laga ini (Persib vs Persija)," ujarnya kepada awak media di Stadion GBLA Kota Bandung, Minggu (2/10/2022).

Teddy pun memastikan, bobotoh yang telah membeli tiket pertandingan tersebut, tidak akan kehilangan haknya, untuk tetap dapat menyaksikan pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta, setelah ditetapkannya pembaharuan jadwal pertandingan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB).

"Untuk 26 ribu tiket yang telah dijual, penonton tidak perlu khawatir, mereka tetap berhak untuk menyaksikan laga itu (Persib vs Persija), karena semua data telah tercatat dan ada di kita. Jadi penonton yang sudah membeli e-ticket ini, ditunggu saja untuk laga tunda karena mereka berhak untuk laga itu," ucapnya.

Baca juga: Nasib Tiket Laga Persib Bandung Vs Persija Jakarta Setelah Pertandingan Ditunda, Bisa Dipakai Lagi

Dalam kesempatan yang sama Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan, atas dasar pertimbangan dari PSSI, PT LIB, Mabes Polri, dan panitia pelaksana pertandingan, karena adanya musibah di Malang, maka rencana pertandingan Persib Bandung melawan Persija Jakarta ditunda hingga ada informasi lebih lanjut.

"Pertama saya menyampaikan rasa prihatin dan belasungkawa atas kejadian di Malang kemarin. Persepanbolaan turut berduka cita termasuk di sini yang melakukan pengamanan persiapan pertandingan Persija dan Persib," ujarnya.

"Karena memang ada pertimbangan dari PSSI dan LIB, kemudian Mabes Polri dan Panpel, sehingga rencana pertandingan ditunda sampai ada informasi lebih lanjut," ucapnya.

Kabid Humas Polda Jabar menambahkan, musibah yang terjadi di Malang, harus menjadi pelajaran berharga bagi semua pihak, agar peristiwa serupa tidak kembali terulang di Indonesia.

Oleh karena itu, Ia pun mengajak agar semua pihak harus mampu menjaga kondusivitas, sehingga pertandingan sepakbola bisa berjalan dengan baik.

"Permasalahan di Malang ini akan jadi pelajaran berharga bagi kita ke depan, khususnya pendukung sepakbola, masyarakat juga di Jabar. Kita berharap pertandigan yang dilangsungkan, bisa aman dan tertib, serta berharap tidak ada korban dan permasalahan lainnya yang timbul ke depannya dalam menikmati suatu pertandingan sepak bola," katanya.

Berdasarkan informasi terbaru, jumlah korban jiwa dampak kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang paska laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya, yang berakhir dimenangkan tim tamu dengan skor 3-2, Sabtu (1/10/2022) terus bertambah. 

Terakhir, jumlah korban mencapai 130 jiwa.

Baca juga: Viking Persib Club Pun Berduka dengan Tragedi di Kanjuruhan, Ini Jadi PR Kita Semua

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved