Jembatan Gantung di Perbatasan Tasikmalaya-Garut Putus, Anak Sekolah Harus Memutar hingga 5 Km

Terputusnya jembatan gantung Tasikmalaya-Garut menyebabkan terputusnya kegiatan sosial dan ekonomi di kedua wilayah itu.

istimewa
Jembatan gantung yang menghubungkan wilayah Kabupaten Tasikmalaya dan Garut di Desa Campakasari, Kecamatan Bojonggambir, Kabupaten Tasikmalaya, putus diterjang banjir, Jumat (23/9) dini hari. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Terputusnya jembatan gantung Merah Putih di atas Sungai Cikaengan, perbatasan Kabupaten Tasikmalaya-Garut, Jumat (23/9/2022) dini hari, menyebabkan terputusnya kegiatan sosial dan ekonomi di kedua wilayah itu.

Jembatan gantung sepanjang 80 meter itu menghubungkan Desa Campakasari, Kecamatan Bojonggambir, Tasikmalaya, dengan Desa Simpang, Kecamatan Singajaya, Garut.

"Kegiatan sosial dan ekonomi antar kabupaten itu cukup tinggi. Terutama kegiatan sekolah," kata relawan BPBD Desa Campakasari, Johar.

Baca juga: Jembatan Gantung yang Hubungkan Tasikmalaya dan Garut Putus Diterjang Banjir lalu Hanyut

Ia mengungkapkan, banyak anak yang tinggal di Tasikmalaya bersekolah di wilayah Garut. Begitu juga sebaliknya.

"Begitu pula keluarga ada di kedua wilayah perbatasan tersebut, sehingga keberadaan jembatan gantung itu memang vital. Belum lagi kegiatan perekonomian," kata Johar.

Sementara jalan alternatif yang menghubungkan kedua wilayah perbatasan itu harus memutar sejauh 5 km.

"Bisa dipastikan untuk sementara banyak anak yang tak bisa sekolah. Mau menyeberangi sungai, arusnya masih kuat serta dalam," ujar Johar.

Diketahui jembatan gantung Merah Putih putus menyusul hujan deras yang turun sejak Kamis (22/9) malam.

Baca juga: Tiga Jembatan di Jalan Nasional Sukabumi Akan Mulai Diperbaiki, Sukabumi-Cianjur Akan Macet

Air Sungai Cikaengan naik dan menggerus pondasi jembatan di sisi Desa Simpang. Pondasi kemudian ambrol dan tiang penyangga jembatan ikut ambrol.

"Sisi jembatan di wilayah Garut itu kemudian terbawa hanyut air sungai, menyisakan bahin jembatan di wilayah Tasikmalaya," kata Johar.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved