Tol Cibitung - Cilincing Resmi Beroperasi, Presiden Jokowi: Percepat Distribusi Barang

Presiden Jokowi mengatakan dengan dioperasikannya tol Cibitung- Cilincing diharapkan dapat mempercepat distribusi barang

dok pemprov jabar
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada Peresmian Operasional Tol Cibitung - Cilincing di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Selasa (20/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendampingi Presiden RI Joko Widodo pada Peresmian Operasional Tol Cibitung - Cilincing di Gerbang Tol Gabus, Kabupaten Bekasi, Selasa (20/9/2022).

Tol sepanjang 27,2 kilometer ini diyakini akan mempercepat mobilitas barang dari kawasan industri di Bekasi dan Karawang menuju Pelabuhan Tanjung Priok.

Tol Cibitung - Cilincing nantinya akan tersambung dengan Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2 yang konstruksinya rampung 100 persen pada akhir tahun 2023, sehingga truk kontainer dari dua kawasan industri tak perlu melintasi jalan di tengah Jakarta.

Baca juga: Pembebasan Lahan Tol Cisumdawu Sudah 99,2 Persen, BPN Sumedang : Kendala di Lahan Karakter Khusus

"Ini merupakan jalan yang nanti bisa mempercepat mobilitas barang terutama barang dari kawasan industri di Bekasi bagian utara dan kawasan logistik di Karawang, sehingga sangat cepat dengan jalan tol ini menuju pelabuhan," kata Presiden.

Suasana lokasi ambruknya konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Jalan Sungai Tiram, RT 04/RW 06 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (17/8/2020).
Suasana lokasi ambruknya konstruksi Jalan Tol Cibitung-Cilincing di Jalan Sungai Tiram, RT 04/RW 06 Kelurahan Marunda, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (17/8/2020). (TRIBUNJAKARTA.COM/GERALD LEONARDO AGUSTINO)

Jokowi meyakini, dengan kecepatan arus barang melalui Tol Cibitung - Cilincing, maka akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor.

Baca juga: Exit Tol KM 149 Padaleunyi Kemungkinan Bisa Berfungsi Akhir 2022, Ini Langkah Pemprov Jabar

"Tentu saja akan memperkuat daya saing produk-produk Indonesia yang akan diekspor," ujarnya.

Ruas Tol Cibitung - Cilincing yang sebelumnya dikelola oleh PT. Waskita kini diambil alih oleh PT. Pelindo yang diharapkan lebih memberikan pelayanan maksimal kepada truk-truk kontainer untuk mendukung ekspor dan impor.

Selain meresmikan Tol Cibitung - Cilincing dalam kesempatan itu Jokowi juga sekaligus meresmikan Tol Serpong - Balaraja Seksi 1.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved