Pascapandemi Covid, Pendonor di PMI Kota Bandung Naik, Bisa Penuhi Kebutuhan Darah Untuk 43 RS

Jumlah pendonor di PMI Kota Bandung meningkat sampai 80 persen sehingga PMI dapat memenuhi kebutuhan darah untuk rumah sakit di Bandung.

DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Illustrasi persediaan darah di PMI Kota Bandung. Jumlah pendonor di PMI Kota Bandung meningkat sampai 80 persen sehingga PMI dapat memenuhi kebutuhan darah untuk rumah sakit di Bandung. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Muhamad Nandri Prilatama

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat, terlebih pada momentum HUT ke-77 PMI yang semakin bisa dirasakan keberadaannya di tengah masyarakat.

Jumlah pendonor di PMI Kota Bandung meningkat sampai 80 persen sehingga PMI dapat memenuhi kebutuhan darah untuk rumah sakit di Bandung.

Ketua PMI Kota Bandung, Ade Koesjanto mengatakan PMI akan terus meningkatkan di bidang SDM maupun peralatan yang dimilikinya.

"Kami berfokus memutus Thalasemia yang menjadi program prioritas di 2023. Thalasemia ini bukanlah penyakit menular, melainkan butuh biaya besar," katanya, Selasa (20/9/2022) di Kantor PMI Kota Bandung.

Menurut Ade, PMI memiliki filosofi tugas, semisal tangan di bawah dan tangan di atas.

Tangan di bawah ketika PMI menerima bantuan dari berbagai sektor untuk melayani masyarakat.

Sedangkan tangan di atas, kata Ade, ketika PMI memberikan bantuan kepada masyarakat dari bantuan yang mereka dapatkan

"Kami depankan kegiatan berfokus layanan kemasyarakatan," katanya.

Baca juga: Jaga Stok Tersedia di PMI, Wali Kota Bandung Ajak Warga Donor Darah

Kepala Unit Transfusi Darah, Uke Mutimanah mengatakan, mulai awal Agustus 2022 setelah aturan PPKM level 1 berlaku di Bandung, terjadi peningkatan jumlah pendonor sampai 80 persen sehingga PMI dapat memenuhi kebutuhan darah untuk rumah sakit di Bandung.

"Kami bisa simpan stok ideal selama empat hari untuk kebutuhan RS. Dalam sehari, kebutuhannya capai 500 kantong labu dengan golongan darah bervariasi. Jadi, selama empat hari, kami sudah bisa sediakan 2.000 labu darah untuk 43 rumah sakit," ucap Uke. (*)

 

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved