Pangeran Harry dan Andrew Tak Hormat ke Peti Mati Ratu Elizabeth II, Begini Penjelasannya

Tidak semua orang melakukan hormat saat peti mati Ratu Elizabeth II diangkut keluar dari Wellington Arch di pusat kota London ke Windsor.

Editor: Giri
AFP/HANNAH MCKAY
Pangeran Harry atau Duke of Sussex (tengah) tidak memberikan hormat kepada peti mati Ratu Elizabeth II karena sudah keluar dari tugas kerajaan, sehingga tidak diizinkan memakai seragam militer. Hanya yang berseragam militer boleh memberi hormat kepada peti Ratu saat pemakamannya di London, Senin (19/9/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, LONDON - Tidak semua orang melakukan hormat saat peti mati Ratu Elizabeth II diangkut keluar dari Wellington Arch di pusat kota London ke Windsor. 

Termasuk di dalamnya Pangeran Harry.

Sky News melaporkan, saat itu Raja Charles III, Putri Anne, dan Pangeran William dengan seragam militer beserta keluarga kerajaan juga ratusan prajurit memberikan hormat dalam pemakaman Ratu Elizabeth II.

Tapi, bukan cuma Pangeran Harry yang tidak melakukan penghormatan. Ada juga Pangeran Andrew yang tidak melakukan hormat.

Dikutip dari Inews, Pangeran Harry dan Pangeran Andrew tidak boleh ikut melakukan penghormatan karena bukan berstatus bangsawan Kerajaan Inggris lagi.

Tugas memberi hormat hanya diperuntukkan bagi yang memakai seragam.

Harry dan Andrew karena sudah keluar dari tugas Kerajaan Inggris, mereka memakai setelan jas formal dan tetap berdiri tegak dengan tangan di sisi badan saat yang lain hormat.

Baca juga: STREAMING Sedang Berlangsung Proses Pemakaman Ratu Elizabeth II di Westminster Abbey

Pangeran Harry sebelumnya mengindikasikan, dia tidak ingin ada perdebatan seputar pakaiannya demi menghormati pemakaman Ratu Elizabeth II.

Juru bicaranya berkata, “Pangeran Harry akan mengenakan setelan jas formal di seluruh acara untuk menghormati neneknya."

"Dekade pengabdian militernya tidak ditentukan oleh seragam yang dikenakannya dan kami dengan hormat meminta agar fokus tetap pada kehidupan serta warisan Yang Mulia Ratu Elizabeth II."

Sebelumnya, Harry dan Andrew sama-sama diberi izin khusus oleh Raja Charles III untuk mengenakan seragam militer saat berjaga di sekitar peti mati Ratu Elizabeth II yang disemayamkan di Westminster Hall pekan lalu.

Pangeran Harry --yang bertugas di dua misi Afghanistan selama 10 tahun dinasnya-- diizinkan mengenakan seragam Blues and Royals No 1 selama acara tersebut pada Sabtu (17/9/2022) malam.

Baca juga: VIRAL Netizen Tebak Tanggal Kematian Ratu Elizabeth II, Kini Prediksinya Tentang Raja Charles Heboh

Namun, Harry yang bergelar Duke of Sussex dilaporkan kesal setelah inisial ER (Elizabeth Regina) milik Ratu dilepas dari bahu seragam militernya.

Aiguillettes --tali hias-- yang sejalan dengan sandi kerajaan di seragamnya juga dilepas.

Halaman
12
Sumber: Kompas
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved