Harga BBM Naik

35 Ribu Nelayan Jabar akan Terima BLT BBM, Ini Besarannya Per Bulan hingga Akhir Tahun

BLT BBM akan diberikan kepada sekitar 35 ribu nelayan dengan besaran Rp150.000 per bulan dan diberikan selama empat bulan berturut-turut.

Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Foto ilustrasi: Perahu nelayan yang bersandar di Dermaga Palabuhanratu, Sukabumi, Senin (5/9/2022). Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih mematangkan persiapan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM bagi nelayan. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih mematangkan persiapan penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) BBM bagi nelayan.

Utamanya, data penerima bantuan supaya penyalurannya bisa tepat sasaran.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jabar Hermansyah mengatakan dalam rapat yang dipimpin Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Pemprov Jabar sepakat membantu nelayan yang juga terdampak kenaikan BBM.

"Kaitan dengan BLT kita sepakat untuk bantu nelayan dampak kenaikan BBM pada nelayan, jadi BLT ini formula cepat," kata Hermansyah seusai rakor rencana penyaluran subsidi BBM nelayan di Gedung Sate, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Wagub Jabar: Pemprov Jabar Mengatasi 3 Masalah Nelayan, dari Dermaga, Modal, Sampai BLT BBM

Rencananya, BLT BBM akan diberikan kepada sekitar 35 ribu nelayan dengan besaran Rp150.000 per bulan dan diberikan selama empat bulan berturut-turut hingga Desember mendatang.

Saat ini pihaknya tengah melakukan pendataan melalui kartu pelaku usaha kelautan dan perikanan (Kusuka) yang menunjukkan profesi seseorang sebagai nelayan atau nelayan buruh.

"Kemudian data ini harus disandingkan dengan Dinsos DTKS atau data terpadu kesejahteraan sosial agar tidak terjadi overlap atau dapat lebih dari satu kali bantuan atau dari berapa sumber."

"Validasi juga akan kami lakukan," tuturnya.

Hermansyah menuturkan pihaknya hanya memverifikasi BLT bagi nelayan yang merupakan kewenangan provinsi atau nelayan dengan perahu di bawah 30 GT.

"Jadi nelayan di bawah 30 GT sebagian nelayan kecil yang punya perahu di bawah 5 GT itu ada 28 ribuan yang kecil dan semoga tidak salah sasaran di Kusuka itu tonasenya kelihatan itu," katanya.

Dari data yang dimiliki DKP Jabar jumlah 35 ribu nelayan mayoritas berada di wilayah pantai utara dan sisanya di pantai selatan.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengatakan pemberian BLT BBM merupakan bentuk perhatian Pemprov Jabar kepada nelayan.

"Sudah diputuskan. Tadinya Rp 500 ribu sekarang diputuskan naik menjadi Rp 600 ribu, jadi nelayan per bulan mendapat Rp150.000."

"BLT akan diberikan secara tunai," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved