Pengendara Sebut Sering Kecelakaan di Tugu Adipura Akibat Lampu Lalu Lintas Mati Disambar Petir

Sejumlah pengendara mengeluhkan lampu lalu lintas yang mati di perempatan Tugu Adipura, Kota Sukabumi karena sering terjadi kecelakaan

Penulis: Dian Herdiansyah | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/DIAN HERDIANSYAH
Situasi arus lalu lintas tanpa lampu lalu lintas di perempatan Tugu Adipura, Kota Sukabumi, Minggu (18/9/2022). Sejumlah pengendara mengeluhkan lampu lalu lintas yang mati di tempat tersebut karena sering terjadi kecelakaan. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Sukabumi, Dian Herdiansyah

TRIBUNJABAR.ID, SUKABUMI - Sejumlah pengendara mengeluhkan lampu lalu lintas di perempatan Tugu Adipura, Kota Sukabumi.

Traffic light tidak berfungsi sudah sepekan yang rusak akibat sambaran petir pada Senin (12/9/2022).

Akibatnya arus lalu lintas di simpang empat jalan Veteran, Jalan LLRE Martadinata, Perintis Kemerdekaan dan Suryakencana terlihat semrawut.

Bahkan akibat rusaknya rambu lalulintas tersebut, kerap terjadinya kecelakaan antar pengendara di bundaran Adipura tersebut.

Salah satu pengendara yang juga diver online Hendi Firmansyah (43) mengatakan, kerusakan traffic light itu sudah hampir enam hari.

Hendi sehari-harinya mangkal di dekat Bunderan Tugu Adipura sehingga ia mengetahui dampak dari kerusakan traffick light itu.

Baca juga: Arus Lalu Lintas di Padalarang Direkayasa, Begini Skema yang Diterapkan Dari dan ke Arah Pintu Tol

"Tiap hari ada yang tabrakan. Barusan ibu-ibu dari Jalan Veteran tabrakan motor sama motor, lumayan parah enggak cuma senggolan tapi kan kasian ibu-ibu bawanya suka kurang hati-hati," ujarnya, Minggu (18/9/2022).

Menurutnya, bahkan matinya rambu lalu lintas tersebut jarang ada aparat yang berjaga baik dari kepolisian maupun Dishub.

Petugas hanya berjaga saat pagi dan sore hari.

"Nggak ada yang jaga, harusnya pas mati langsung ada yang jaga, antisipasi, mengatur, ini nggak ada. Parahnya (macet) jam pulang kerja sama pagi. Harapannya ya cepat diperbaiki," tuturnya.

Kasat lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, pihaknya sudah berkirim surat ke Dishub Kota Sukabumi untuk segera memperbaiki traffic light yang rusak itu.

"Kami komunikasi ke pihak Dishub karena memang untuk lampu lalu lintas itu wewenang dari Dishub. Jadi intinya untuk segera memperbaiki karena kan memang jalur itu vital untuk kegiatan masyarakat," kata Tejo.

Baca juga: Dua Warga Sukabumi Nyaris Tersambar Petir saat di Pantai, Alami Syok dan Gangguan Telinga

Tidak berfungsinya traffic light itu berpengaruh sangat vital karena ruas jalan perempatan Tugu Adipura itu padat dengan kendaraan roda empat maupun roda dua.

"Pengaruh pastinya ada, karena memang di situ adalah perempatan yang memang padat untuk kendaraan maka dari kita melaksanakan pengaturan secara manual," ujar AKP Tejo. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved