Lomba Memasak Makanan Non Beras Digelar Lanjutan Ekpedisi Trisaksi Lestarikan Kuliner Nusantara

DPD PDIP Jabar gelar lomba inovasi makanan berbasis pangan lokal makanan non beras sebagai sumber karbohidrat.

Editor: Mega Nugraha
Istimewa
etua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono bersama Ketua Panitia Lomba Inovasi Menu Berbasis Pangan Lokal Hj Ijah Hartini 

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG- DPD PDIP Jabar gelar lomba inovasi makanan berbasis pangan lokal makanan non beras sebagai sumber karbohidrat.

Kegiatan digelar belum lama ini dengan diikuti peserta dari 27 kabupaten/kota se-Jabar. Gelaran ini sebagai bagian dari ekpedisi Trisakti dan dibuka serentak secara hybrid dari Cibodas, Kabupaten Cianjur.

Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono mengatakan, kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari identifikasi dan inventarisir ekpedisi trisakti.

"Harapannya agar kreatifitas masyarakat meningkat dan mampu menciptakan kuliner nusantara berbasis kearifan lokal untuk ketahanan pangan keluarga dan sajian kuliner yang sehat, bergizi dan murah. Dengan Trisakti, maka Indonesia akan siap menghadapi ancaman jenis apapun," kata Ono Surono, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: DPD PDIP Jabar Perkenalkan Aplikasi Media Pintar Perjuangan untuk para Kadernya di Cirebon

Dia mengungkap bahwa lomba ini dilatarbelakangi warisan budaya kuliner nusantara yang telah dituangkan oleh Bung Karno dalam buku resep “Mustika Rasa”.

"Hasil resep-resep terbaik pada lomba ini akan dituangkan ke dalam kumpulan resep masakan asli daerah Jawa Barat, dengan modifikasi serta kreasi baru, mampu memiliki nilai cita rasa, estetika, dan kandungan gizi yang tinggi, serta nilai ekonomi sehingga berdampak pada kedaulatan," pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia Lomba Hj Ijah Hartini mengungkapkan kegiatan ini diharapkan dapat memperkaya khasanah kuliner nusantara.

"Pemenang 1, 2 dan 3 dari tingkat kota kabupaten akan kembali mengikuti kompetisi di tingkat provinsi. Masyarakat umum juga kita undang untuk makan bersama makanan hasil olahan lomba," tandasnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved