Hilang Kontak 13 Tahun, TKW Asal Bandung Barat Ditemukan setelah Videonya Viral di TikTok

Wiwi hilang kontak dengan pihak keluarga setelah satu tahun bekerja sebagai ART di Arab Saudi, tepatnya sejak tahun 2010.

istimewa/ tangkapan layar
Cuplikan video TikTok yang memuat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kampung Cipendeuy, RT 04/13, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hilang kontak selama 13 tahun saat bekerja di Arab Saudi. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG BARAT - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kampung Cipendeuy, RT 04/13, Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), hilang kontak selama 13 tahun saat bekerja di Arab Saudi.

PMI yang diketahui atas nama Wiwi (48) tersebut tidak bisa berkomunikasi dengan keluarganya karena selama bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART), dia tidak dibekali ponsel oleh majikannya dan dia juga sama sekali tidak menerima upah.

Camat Rongga Agus Rudiyanto, mengatakan, Wiwi hilang kontak dengan pihak keluarga setelah satu tahun bekerja sebagai ART di Arab Saudi, tepatnya sejak tahun 2010.

Baca juga: Tawari Korban Jadi TKW Lewat Jalur Ini, Enam Tersangka Perdagangan Orang Diciduk Polisi Sukabumi

"Dia berangkat melalui agen penyalur tenaga kerja bernama PT Aji Ayahbunda Sejati pada tahun 2010. Selama bekerja, dia meninggalkan suami dan 6 orang anaknya," ujar Agus di kantornya, Kamis (15/9/2022).

Beruntung, Wiwi saat ini sudah ditemukan dalam keadaan sehat setelah salah satu akun Tiktok @incesjeddah memposting kegiatan Wiwi di sebuah penampungan PMI di Kota Madinah, Arab Saudi beberapa hari lalu.

Dalam video itu, akun Tiktok tersebut menuliskan pesan bahwa PMI tersebut sudah hilang kontak dengan keluarganya dan terdampar di Arab Saudi selama 13 tahun.

"Awal saya mengetahui itu dari akun Tiktok, setelah dicek, kami menanyakan kepada pihak desa dan mereka membenarkan bahwa bu Wiwi itu adalah warga Desa Sukamanah," katanya.

Setelah mengetahui Wiwi merupakan warganya, Agus langsung berusaha untuk menelusuri keluarga Wiwi dan kebenaran terkait identitasnya yang sudah viral di akun Tiktok tersebut.

"Setelah itu, saya mencoba meminta nomer handphone akun Tiktok itu (Mawar), setelahnya saya dan bu Wiwi video call secara langsung dan alhamdulillah bu Wiwi dalam keadaan sehat," ucap Agus.

Baca juga: Keluarga TKW Cianjur yang Sudah Meninggal Belum Terima Haknya, Kemenaker Didesak Panggil Perusahaan

Ia mengatakan, saat ini Wiwi sudah bisa kembali berkomunikasi dengan pihak keluarganya melalui video call dan mengabarkan bahwa kondisinya sehat dan baik-baik saja.

"Saat saya menanyakan beliau dimananya, dia menjawab sudah ada di penampungan tenaga kerja Indonesia di Madinah," ujarnya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved