Mulai Cair, Ini Jumlah Penerima BLT BBM di Kabupaten Cirebon, Anda Termasuk?

Ini jumlah penerima BLT BBM di Kabupaten Cirebon. Disalurkan mulai bulan ini.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Canva
Uang Rupiah Ilustrasi BLT BBM sudah mulai cair per tanggal 1 September 2022 sebesar Rp 600.000 dan cara cek penerima BLT BBM dan cara mengadu jika tidak tepat sasaran. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Jumlah penerima bantuan langsung tunai (BLT) dari dampak kenaikan harga BBM di Kabupaten Cirebon mencapai 157 ribuan keluarga penerima manfaat (KPM).

Kabid Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon, Eman Sulaeman, mengatakan, BLT BBM diberikan kepada 157.604 warga Kabupaten Cirebon.

Menurut dia, jumlah KPM yang menerima BLT BBM itu diambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sudah baku dan telah diputuskan pemerintah pusat.

"Jumlah penerima BLT ini di Kabupaten Cirebon cukup banyak, mencapai lebih dari 157 ribu warga," ujar Eman Sulaeman melalui pesan singkatnya, Sabtu (10/9/2022).

Ia mengatakan, jumlah KPM yang menerima BLT BBM di Kabupaten Cirebon menduduki peringkat keenam terbanyak se-Jawa Barat.

Namun, pihaknya menyebut sementara ini BLT tersebut hanya diberikan kepada KPM dari Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Sementara besaran BLT BBM yang bakal diterima setiap KPM ialah senilai Rp 150 ribu per bulan selama empat bulan mulai September - Desember 2022.

"Penyalurannya dua bulan sekali, sehingga sampai akhir tahun dua kali. Dalam sekali penyaluran KPM menerima BLT BBM sebesar Rp 300 ribu," kata Eman Sulaeman.

Eman menyampaikan, BLT BBM tahap pertama akan disalurkan kepada seluruh KPM pada bulan ini, dan tahap kedua dilaksanakan pada Desember 2022.

Ia mengakui, sebenarnya penerima BLT BBM di Kabupaten Cirebon 200 ribuan KPM, karena menghitung pengajuan atau usulan baru penerima bantuan itu.

Pihaknya tak menampik usulan baru bakal terakomodasi karena Kemensos pun membuka peluang melalui aplikasi Tanggap Sanggah atau Cek Bansos.

"Untuk pengusulan masih bisa melalui aplikasi tersebut, khususnya DTKS, dan penghasilan di bawah Rp 3 juta. Kami juga akan memverifikasi setelah terdaftar di aplikasi," ujar Eman Sulaeman.

Baca juga: SUDAH Mulai Cair, Ini Cara Cek Penerima BLT BBM Rp 600 Ribu & Cara Mengadu Jika Penerima Tidak Tepat

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved