Siap-siap, Tol Cisumdawu Seksi 2 Pamulihan-Sumedang Kota Dibuka Bulan Depan, Berapa Tarifnya?

Bukan Oktober, Tol Cisumdawu Seksi 2 rencananya akan mulai dibuka untuk umum.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: taufik ismail
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Suasana gerbang Tol Sumedang Kota setelah Tol Cisumdawu seksi 2 yang menghubungkan Pamulihan-Bojong, Jumat (29/4/2022) siang. Seksi dua ini rencananya dibuka fungsional bulan depan. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Satuan Kerja Tol Cisumdawu menargetkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) Seksi 2 yang menghubungkan Pamulihan-Sumedang Kota segera selesai. 

Ruas tersebut rencananya dibuka secara fungsional pada bulan Oktober 2022.

Pembukaan fungsional berarti jalan ini sangat layak difungsikan secara sementara untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas. 

Namun, berapakah tarif yang diterapkan untuk ruas tol sepanjang sekitar 17 Kilometer tersebut jika sudah dibuka secara komersil?

Asisten Kepala Satker Tol Cisumdawu Noorfachri mengatakan pihak yang berhak menentukan tarif adalah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR. 

"Untuk saat ini belum ditetapkan tarif. Penentuan tarif Tol Cisumdawu seksi 2 ini, kami menunggu keputusan BPJT," kata Noorfachri saat dijumpai TribunJabar.id, di Kantor Satker Tol Cisumdawu, Jatinangor, Sumedang, Senin (5/9/2022). 

Jalan Tol Cisumdawu dalam pembangunannya dibagi kepada 6 Seksi. 

Seksi 1 (Cileunyi-Pamulihan) sepanjang 11,45 kilometer dan Seksi 2 (Pamulihan-Sumedang Kota) sepanjang 17,05 kilometer dikerjakan dan dibiayai oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Sedangkan untuk Seksi 3-6 dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT).

"Mudah-mudahan fungsional Oktober. Ini sebagai hadiah di momen Sumpah Pemuda. Tadinya mau dibuka pada momen 17 Agustus, tetapi lewat," kata Noorfachri.

Baca juga: Bulan Depan Tol Cisumdawu Seksi 2 Bisa Dibuka Fungsional, Pengerjaan Sudah 90 Persen

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved