Sederhana tapi Penting, Ini Peran Filter Udara Pada Sepeda Motor

komponen filter udara atau saringan udara sebagai salah satu komponen penting pada sepeda motor

Editor: Siti Fatimah
dok yamaha
Sebagai apresiasi Yamaha kepada para pelanggan setia Yamaha sekaligus menyambut hari pelanggan nasional tanggal 4 September 2022, Yamaha akan memberikan potongan harga Rp 10.000,- bagi setiap konsumen yang melakukan pelayanan service dan pembelian Filter udara di bulan September 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG – Sebagai salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia, seluruh sepeda motor Yamaha
sudah menggunakan teknologi injeksi termasuk pada sepeda motor matik Yamaha yang telah menggunakan inovasi teknologi Blue Core.

Hal ini membuat sepeda motor Yamaha lebih handal, bertenaga, dan tetap irit untuk digunakan.

Selain itu, untuk menjaga performa mesin motor injeksi ini cukup praktis dan efisien, seperti melakukan pengecekan rutin pada komponen filter udara atau saringan udara sebagai salah satu komponen penting pada sepeda motor yang berfungsi untuk menyaring udara dari berbagai partikel asing, seperti debu atau kotoran yang akan masuk ke mesin sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih sehingga memaksimalkan proses pembakaran.

 “Yamaha berkomitmen menghadirkan sepeda motor serta pelayanan yang mendukung pengalaman berkendara konsumen yang menyenangkan dan aman. Namun untuk menjaga performa sepeda motor, konsumen sangat diwajibkan untuk melakukan perawatan rutin mulai dari pengecekan berkala sesuai waktu yang direkomendasikan sampai penggantian sparepart jika sudah perlu diganti,” kata Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Filter udara terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu tipe kering yang dapat dibersihkan dengan menggunakan semprotan angin bertekanan dan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan, namun memiliki daya saring lebih baik.

Kedua tipe filter udara ini tetap memerlukan pengecekan dan penggantian sampai batas pemakaian sewajarnya, sesuai dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

Melihat perannya yang penting untuk menjaga performa sepeda motor tetap prima, maka para konsumen wajib melakukan pengecekan filter udara secara rutin setiap kali konsumen melakukan servis berkala pada bengkel resmi Yamaha.

Teknisi akan memberikan rekomendasi jika filter udara masih bisa dibersihkan dan layak digunakan atau sudah perlu diganti.

Penggantan filter udara juga disesuaikan dengan jarak tempuh dan waktu pemakaian yang direkomendasikan mengacu pada buku petunjuk pemilik.

‘‘Perawatan sepeda motor Yamaha dan pergantian sparepart sangat dianjurkan di Bengkel Resmi Yamaha. Karena sparepart yang digunakan sudah pasti Asli dan sepeda motor konsumen dirawat oleh Teknisi yang Handal. Bagi konsumen yang tidak terlalu paham sepeda motor, jangan khawatir karena Yamaha juga menyediakan aplikasi my Yamaha app sebagai pengingat jadwal servis sekaligus mempermudah konsumen dalam melakukan perawatan sepeda motor,”tambah Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales &  Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Halaman
123
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved