Nama Dua Wartawan Tasik Dicatut Parpol Sebagai Anggota dan Dijadikan Syarat Daftar ke KPU Setempat

Kedua keluarga wartawan ini dicatut sebagai anggota parpol untuk memenuhi syarat jumlah minimal anggota parpol agar bisa lolos verifikasi.

Tribun Jabar/ Firman Suryaman
Irwan dan Faisal sedang berbincang dengan Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Jaenul Muttaqin, terkait pencatutan nama mereka dan istri oleh parpol. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Dua keluarga wartawan di Kota Tasikmalaya dicatut nama dan NIK oleh partai politik (parpol) untuk digunakan sebagai salah satu syarat pendaftaran parpol ke KPU setempat.

Kedua keluarga wartawan ini dicatut sebagai anggota parpol untuk memenuhi syarat jumlah minimal anggota parpol agar bisa lolos verifikasi.

Kedua wartawan tersebut, Irwan Nugraha serta Faisal Aminudin. Keduanya merupakan wartawan media online nasional.

Keduanya dicatut nama dan NIK. Tak hanya itu, istri mereka pun dicatut sebagai anggota parpol.

Karena khawatir mengganggu kredibilitas selaku jurnalis yang non partisan, keduanya mendatangi kantor KPU Kota Tasikmalaya di Jalan SKP, Jumat (2/9/2022).

"Saya terkejut saat membuka website KPU terkait anggota parpol, nama dan NIK saya dicatut salah satu parpol sebagai anggota," ujar Faisal.

Ia kemudian mencari tahu lebih dalam lagi dan ternyata istrinya pun dicatut sebagai anggota salah satu parpol yang mendaftar ke KPU Kota Tasikmalaya.

Ketua KPU Kota Tasikmalaya, Ade Jaenul Muttaqin, mengatakan, pihaknya saat ini tengah melakukan verifikasi administrasi parpol yang mendaftar.

"Dengan adanya pelaporan dari kedua teman wartawan ini menjadi masukan yang bagus bagi kami tentang sepak-terjang parpol," ujar Ade.

Menurut Ade, warga termasuk kedua wartawan tersebut diberi ruang untuk melakukan sanggahan, yakni dengan mengisi surat penyataan bermaterei yang berisi penegasan bukan anggota parpol tertentu.

"Setelah surat dibuat akan diajukan ke KPU pusat agar yang bersangkutan dihapus dari daftar anggota parpol yang mencatutnya," kata Ade.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved