Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjani Latih Wirausaha Karang Taruna Kelurahan Sukaraja

Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjadi memberikan pelatihan wirausaha dari berbagai sisi kepada Karang Taruna Kelurahan Sukaraja

TRIBUNJABAR.ID/KEMAL SETIA PERMANA
Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unjadi memberikan pelatihan wirausaha dari berbagai sisi kepada Karang Taruna Kelurahan Sukaraja, Kota Bandung, Sabtu (27/08/2022). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Bidang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang banyak menarik banyak minat masyarakat saat ini.

Memiliki penghasilan yang tak terbatas dan waktu kerja yang fleksibel membuat sektor UMKM menjadi tumpuan banyak orang yang ingin mandiri dan memiliki penghasilan sendiri.

Terlebih pada era digital, sektor ini menjadi primadona banyak orang karena memiliki pangsa pasar yang sangat luas tanpa batas.

Hal inilah, salah satunya, yang membuat pihak Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Jenderal Ahmad Yani membidik dan mendidik calon-calon wirausaha baru melalui pemberian pelatihan-pelatihan berbagai sisi, baik teori maupun praktik, yang diberikan melalui program Pengabdian Masyarakat kepada Karang Taruna Kelurahan Sukaraja, Kota Bandung, Sabtu (27/08/2022).

Dekan FEB Unjani, Neni Maryani SE Msi, Ak CA CPA CTA, mengatakan bahwa program Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

"Tri Dharma Perguruan tinggi itu adalah Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, serta yang ketiga Pengabdian Kepada Masyarakat. Pelaksanaan kegiatan hari ini merupakan bagian dari program Tri Dharma ketiga yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat," tutur Neni saat membuka acara.

Neni menyebutkan bahwa dalam Pengabdian Masyarakat di Kelurahan Sukaraja bagi para anggota Karang Taruna, pihaknya memberikan tiga poin pelatihan yaitu mengenai pelatihan entrepreneur, pelatihan digital marketing, serta pelatihaan pembukuan sederhana.

"Lalu kemudian ditutup dengan pelatihan UMKM membuat ayam krispi," ujarnya.

Adapun maksud memberikan pelatihan ini  menurut Neni, adalah agar para generasi muda di Sukaraja bisa menjadi orang-orang mandiri yang tidak harus terpaku kepada dunia kerja yang biasanya memiliki penghasilan terukur atau tetap.

"Untuk mendapatkan penghasilan itu kita tidak selalu harus bekerja, namun bisa ditempuh dengan menjadi wirausaha dan itu masih sangat terbuka lebar terutama kuliner yang sedang marak," katanya

Dalam pelatihan menjadi wirausaha yang digelar FEB Unjani dengan tema Meningkatkan Jiwa Entrepreneurship Karang Taruna Kelurahan Sukaraja Kota Bandung, Kasi Kesos dan Kasi Ekbang Kelurahan Sukaraja, Muhammad Aji Permana, mengaku sangat  menyambut baik pelaksanaan program Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh FEB Unjani. 

"Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk membangun jiwa entrepreneur di kalangan Karang Taruna Kelurahan Sukaraja ini agar kelak bisa memandirikan diri sehingga apa yang bisa dikembangkan dan kita buat mudah-mudahan ke depannya akan menghasilkan," katanya. 

Sedangkan perwakilan Karang Taruna Sukaraja yang diwakili oleh Ketua Nandang S, mengatakan bahwa program Pengabdian Masyarakat yang digelar FEB Unjani sangat memberikan dampak positif bagi pembentukan jiwa kewirausahaan para anggota Karang Taruna di Sukaraja.

"Bagi kami kegiatan ini (pelatihan oleh FEB Unjani) sangat relevan dengan program kami karena di kami ada program yang bernama Usaha Ekonomi Produktif. Salah satunya adalah untuk mengembangkan usaha-usaha yang sifatnya produktif," katanya.

Program Pengabdian Kepada Masyarakat yang digelar Prodi Akuntansi FEB Unjani menghadirkan sejumlah pembicara yaitu Tania Adialita SE MBA (Dosen Prodi Manajemen FEB Unjani), Ali Rahman Reza Zaputra SE MAk AK CA (Dosen Prodi Akuntansi FEB Unjani), serta Yanti Husein (praktisi kuliner dan penulis buku resep). (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved