Pengendalian Penyakit Hipertensi Dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat Masyarakat Desa Nagrak

Kami kelompok KKN 25 mengusung tema Pengabdian kepada masyarakat Universitas Bhakti Kencana yang di ketuai oleh dosen apt. Kharina Septi Lestari, M.S.

Dok. UBK
Penyuluhan kesehatan di Desa Nagrak 

TRIBUNJABAR.ID, Kami kelompok KKN 25 mengusung tema Pengabdian kepada masyarakat Universitas Bhakti Kencana yang di ketuai oleh dosen apt. Kharina Septi Lestari, M.S.Farm dan anggota lainnya yaitu Dr.apt.Entris Sutrisno, MH.Kes, Manaf, B.Sc., S.Pd., MM, Ns.Neneng Elviana, SKM ,Ns. Ai Rahmawati, S.Kep., M.Kep. dan juga mahasiswa yang di ketuai oleh Muhammad Irsyad Hasballah Rompas dengan 19 anggota lainnya Agus Iwa , Resta Rizka Depia ,Nanda hamidah , Diany N F . Winda Purnamasari , Alya Shilvani , Isma Nurani , Respati syuhada , Muhammad Rifani Muharom ,Lia Apriani ,Aghnisa Yulanda ,Herni Julianti ,Muhammad Firmansyah ,Mochammad Aditya Hardyansah , Rival Aprianto , Nisa Nur Anggia , Diva Febiola , M khodan Dion prakoso .

Desa Nagrak merupakan desa yang terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung. Desa ini memiliki keresahannya sendiri yaitu besarnya kasus hipertensi. Untuk menangani hal tersebut.

Hipertensi merupakan salah satu penyakit menular yang saat ini menjadi tantangan permasalahan kesehatan warga secara global. Untuk menangani hal tersebut.

Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization) memperkirakan jumlah hipertensi akan terus bertambah bersamaan dengan jumlah penduduk yang membesar, diperkirakan sekitar 29 persen atau sekitar 1,6 miliar orang di seluruh dunia mengalami hipertensi pada tahun 2025 mendatang.

Data hipertensi tahun 2022 di Desa Nagrak pada bulan Mei sebanyak 1707 penderita, hingga memasuki bulan Juni data hipertensi sebanyak 165 penderita.

Hal ini menjadi acuan kami dalam memilih tempat KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dimana kami membawa tema mengenai pengendalian penyakit hipertensi. Desa Nagrak terletak di Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dengan luas desa sekitar 798.155 km2.

Melalui kegiatan KKN Tematik 2022, kami mengadakan beberapa program yang dapat membantu jalannya kegiatan ini diantaranya adalah pemaparan materi tentang penyakit hipertensi, penyuluhan penyakit hipertensi, program pemeriksaan tekanan darah gratis, senam hipertensi, dan beberapa program lainnya seperti jum’at bersih dan pelayanan posyandu dan puskesmas. Berikut adalah kegitan - kegiatan yang kami lakukan :

  • Penyuluhan kesehatan

Penyuluhan kesehatan yang kami laksanakan berupa memberikan suatu informasi mengenai penyakit hipertensi, yang bertujuan untuk memberikan suatu edukasi dan wawasan luas kepada warga Desa Nagrak dan diharapkan mampu mensosialisasikan kepada keluarga atau kerabat sekitar sehingga dapat menimbulkan kemandirian individu keluarga, atau kelompok dalam menghadapi suatu penyakit.

Kegiatan ini diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan masyarakat sehingga akan berkelanjutan dalam tatanan kehidupan sehari-hari

  • Pemeriksaan Tekanan Darah Gratis
2 Pemeriksaan tekanan darah  yang dilaksanakan di Desa Nagrak
Pemeriksaan tekanan darah yang dilaksanakan di Desa Nagrak

Pemeriksaan tekanan darah yang dilaksanakan di Desa Nagrak ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan. Manfaat dari pemeriksaan tekanan darah ini yaitu membantu mendeteksi adanya kemungkinan atau risiko hipertensi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved