Kawasan Situ Gede Tasik Mulai Ditata, Awal 2023 Diharapkan Sudah Selesai

Pantauan TribunJabar.id, Kamis (25/8), tahap pertama penataan dilakukan di area dekat pintu gerbang sepanjang 43 meter.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Ravianto
tangkapan layar video amatir
Konsep penataan tahap pertama obyek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya. (tangkapan layar video amatir) 

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Obyek wisata Situ Gede, Kota Tasikmalaya, mulai ditata. Tahap pertama membangun kawasan pedestrian, taman tepi danau serta tempat kuliner.

Pantauan TribunJabar.id, Kamis (25/8), tahap pertama penataan dilakukan di area dekat pintu gerbang sepanjang 43 meter.

Deretan saung kuliner yang semula berada di tepian danau sudah disingkirkan. Jalan pun sudah dibongkar. Demikian pula kios-kios di sisi kanan jalan.

Tiang-tiang beton penyangga bangunan tempat kuliner di sisi kanan mulai dibangun.

Lokasi proyek pun sudah ditutup.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) proyek penataan Situ Gede, Darmadi, mengatakan, pekerjaan penataan saat ini merupakan tahap pertama dari total penataan obyek wisata andalan Kota Tasikmalaya ini.

"Ini tahap pertama, dengan total biaya sekitar Rp 6,3 miliar dari Pemprov Jabar dan pengerjaan selama 160 hari," ujar Darmadi.

Pengerjaan fisik yang tengah dan akan dikerjakan adalah taman tepi telaga, pedestrian, bangunan tempat lesehan sekaligus tempat memasak serta pembuatan nama Situ Gede.

"Jika proyek tahap pertama ini rampung, wisatawan sudah bisa menikmati view yang indah walau baru dilakukan penataan sepanjang 43 meter di tepi danau," ujar Darmadi.

Diharapkan pada awal tahun 2023, wisatawan lokal maupun dari luar daerah sudah bisa menikmati tampilan Situ Gede yang jauh lebih representatif dari sebelumnya.

"Sesuai dengan kontrak, pengerjaan penataan tahap pertama ini selesai tanggal 24 Desember," kata Darmadi. (firman suryaman)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved