Tokopedia Ungkap Transaksi E-Samsat dan PBB di Jawa Barat Meningkat Hampir 2 Kali Lipat

Tokopedia mencatat sejumlah temuan menarik terkait kenaikan jumlah transaksi di Jawa Barat selama setahun belakangan.

Editor: Ravianto
tokopedia
Ilustrasi bayar pajak via Tokopedia. Tokopedia mencatat sejumlah temuan menarik terkait kenaikan jumlah transaksi di Jawa Barat selama setahun belakangan. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Tokopedia mencatat sejumlah temuan menarik terkait kenaikan jumlah transaksi di Jawa Barat selama setahun belakangan.

Transaksi belanja online naik hampir 1,5 kali lipat pada semester 1 2022 dibandingkan periode sama 2021.

Jumlah transaksi PBB kota/kabupaten di Provinsi Jawa Barat di Tokopedia juga naik hampir 2 kali lipat pada tahun 2021 dibandingkan 2022.

Kenaikan juga terjadi pada jumlah transaksi E-Samsat Jawa Barat sebesar hampir 1,5 kali lipat pada periode yang sama.

“Kami akan terus mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia demi mendorong UMKM lokal agar lebih mudah beradaptasi dengan perkembangan era digital dan bersama-sama berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi nasional,” ujar Ekhel Chandra Wijaya, Head of External Communication Tokopedia dalam rilis yang diterima Tribun Jabar.

Inisiatif Hyperlocal yang terus digencarkan Tokopedia untuk mendorong pemerataan ekonomi daerah, termasuk di Jawa Barat, telah menghasilkan berbagai dampak positif bagi para UMKM Jawa Barat hingga masyarakat secara umum.

Salah satu pelaku UMKM asal Ciamis, Jawa Barat, Nur Hidayat, pemilik usaha Sangkayu mengaku menggunakan Tokopedia sebagai marketplace dalam menjalankan bisnis.

Ia pun merasakan dampak yang signifikan terhadap bisnisnya ketika bergabung dengan Tokopedia.

“Sebelum memulai usaha Sangkayu ini, saya coba riset pasar dan mendapati bahwa belum banyak usaha yang fokus pada olahan kayu, kalaupun ada itu sangat mahal. Saya pun melihat peluang yang besar dan memutuskan untuk memulai usaha yang fokus pada produk olahan kayu dengan harga yang lebih murah dan dengan kualitas yang lebih baik,” ujarnya.

Ia pun memanfaatkan berbagai fitur di Tokopedia, salah satunya TopAds Tokopedia.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved