Penyuluhan Pencegahan Hipertensi Dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Mahasiswa KKN kelompok 14 UBK adakan KKN di RW 02 Kelurahan Rancabolang, Jl. Gedebage Selatan, Kecamatan Gedebage Kota Bandung

dok. UBK
Foto Bersama Dosen Pembimbing/Pemateri 

TRIBUNJABAR.ID,- Daerah yang menjadi mitra KKN kami adalah RW 02 Kelurahan Rancabolang, Jl. Gedebage Selatan, Kecamatan Gedebage Kota Bandung. Kelurahan Rancabolang terbentuk dari hasil pemekaran kecamatan Rancasari pada tahun 2007 berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 6 Tahun 2006 tentang pemekaran dan pembentukan wilayah kerja Kecamatan dan Kelurahan di lingkungan Pemerintahan Kota Bandung. Awalnya Kelurahan Rancabolang terdiri dari 11 RW dan pada tahun 2020 ada penambahan 1 RW, sehingga sampai saat ini Kelurahan Rancabolang berjumlah 12 RW. Jumlah penduduk RW 02 terakhir tercatat adalah sebanyak 1.102 jiwa yang terdiri dari sebagian besar 545 jiwa (49 persen) laki- laki dan hampir setengahnya 558 jiwa (51%) perempuan di mana kategori umur paling banyak adalah dewasa. Untuk pekerjaan masyarakat di RW 02 adalah sebagian besar masyarakat sebagai pegawai swasta dan buruh harian. Adapun untuk agama yang dianut hampir seluruhnya merupakan penganut agama Islam.

Berdasarkan hasil wawancara yang sudah dilakukan, data kesehatan yang didapatkan bahwa penyakit yang sering diderita 3 bulan terakhir adalah batuk dan flu, hipertensi, dan gastritis. Sarana Pelayanan kesehatan yang sering digunakan keluarga jika anggota keluarga sakit pertolongan pertamanya hampir seluruhnya dibawa ke tempat pelayanan kesehatan yaitu Puskesmas Riung Bandung, dan sebagian kecil ke klinik terdekat yaitu Klinik Amelia. Kesehatan remaja yang memiliki penyakit yang dialami 3 bulan terakhir yaitu batuk dan flu dan diare. Kesehatan dewasa di RW 02 yaitu biasanya mengidap penyakit Hipertensi dan gastritis dan hampir setengahnya kebiasaan yang tidak sehat pada dewasa yaitu merokok. Penyakit yang sering diderita lansia setengahnya adalah hipertensi. Sebagian besar lansia tidak bekerja dan hanya diam di rumah juga tidak pernah beraktivitas. Jika lansia sakit biasanya pergi berobat ke klinik terdekat yaitu klinik Amelia.

Dengan adanya KKN PPM Tematik 2022 yang bertemakan UBK Support The Sustainable Development Goals, mahasiswa KKN kelompok 14 Universitas Bhakti Kencana yang diketuai oleh Aldi Rizki Fauzy dengan anggota Riska, Widyaningrum, Muhammad Fauzan Kamil Munawwar, Repi Ratna Handayani, Ni Wayan Meitri Amrita, Anisya Silfi Enjelita, Elsa Lidya Utami, Asyadilla Istiazah, Zeinia Zahra Muliana, Eneng Lena, Jihan Deviyanti, Muhammad Rafsya Julwandika, Anisa Ramadani, Yolanda Janice Rose Sarosa, Raida Rihadatul Aisyi Nur Faizin, Salma Mua’limatul Zahra, Aliya Herdiana Putri, Sani Rahma Putriyani, Miftah Muzaki, melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 13 Agustus 2022 dari pukul 07.00 s.d 13.05 WIB dengan mengambil judul “Penyuluhan Pencegahan Hipertensi dalam Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat” di RW 02 Rancabolang, Jl. Gedebage Selatan, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat mengenai pencegahan hipertensi, program ini diharapan dapat menjadi solusi permasalahan di wilayah mitra mengenai pencegahan hipertensi dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

1. Penyuluhan Pencegahan Hipertensi

KKN UBK KEL 14 B
Acara Kegiatan Penyuluhan (dok. UBK)

Mahasiswa bersama dengan tim dosen pembimbing yang di ketuai oleh bapak Dedep Nugraha, S.Kep., Ners., M.Kep sekaligus narasumber pada kegiatan penyuluhan ini dengan anggota bapak Dr. Aiyi Asnawi, M.Si, ibu Lia Nurlianawati, S.Kep., Ners., M.Kep, bapak Rikky Gita Hilmawan, SKM., MKM, dan ibu Shinta Ayu Nani, S.S.T., M.Kes. Metode penyuluhan yang akan diberikan dalam intervensi ini yaitu dengan pendekatan penentuan sasaran, sampai dengan pemberian pendidikan kesehatan mengenai pencegahan hipertensi.

2. Pemeriksaan Tekanan Darah  

Kegiatan Pemeriksaan Tekanan Darah
Kegiatan Pemeriksaan Tekanan Darah (dok. UBK)

Pemeriksaan tekanan darah gratis berlangsung di RW 02 Rancabolang untuk memberikan pelayanan kesehatan. Keuntungan dari tes tekanan darah ini adalah membantu mendeteksi kemungkinan atau risiko terkena tekanan darah tinggi.

3. Terapi Bekam

Kegiatan Terapi Bekam
Kegiatan Terapi Bekam (dok. UBK)

Terapi bekam gratis di RW 02 Rancabolang. Terapi ini dilakukan untuk penanganan masalah hipertensi di RW 02 Rancabolang. Manfaat bekam sebagai metode pengobatan alternatif berbagai penyakit salah satunya adalah hipertensi, Efek dari terapi bekam ini adalah melancarkan pembuluh darah, merangsang kinerja saraf, meningkatkan imunitas tubuh, dan membuat tubuh menjadi rileks.

Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
Penerimaan Mahasiswa Baru UBK Gelombang6
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved