Cegah Stunting Dengan Upaya Perbaikan Gizi dan Sanitasi di Desa Sukamulya Kabupaten Bandung

Stunting merupakan salah satu permasalahan terbesar yang ada di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Stunting merupakan per

Dok. UBK
Kegiatan KKN-PPM Tematik Kelompok 27 di Desa Sukamulya 

TRIBUNJABAR.ID, Stunting merupakan salah satu permasalahan terbesar yang ada di wilayah Desa Sukamulya, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung. Stunting merupakan permasalahan yang menjadi prioritas Nasional.

Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan oleh asupan gizi yang kurang dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Melihat masalah tersebut maka kami Mahasiswa/I KKN Kelompok 27 dari Universitas Bhakti Kencana mengusung tema UBK Support The Suistainable Development Goals yang diketuai oleh dosen pembimbing Bapak Ivan Andriyansyah, M.Pd, juga dosen lainnya yaitu Ibu Iceu Mulyati, S.ST.,M.Keb, Ibu Santi Rinjani, S.Kep.,Ners.,M.Kep, Ibu Sri Soleha, S.ST, dan Ibu Vina Vitniawati, S.Kep.,Ners.,M.Kep.

Dan juga mahasiswa yang diketuai oleh Ariani Sukmadiwanti dengan 19 anggotanya yaitu Parid Kusmayadi, Fitria Cantika, Hana Ameliawati, Nurlaela Fitriyani, Anggi Andini, Arinda Nuryani Sopyan, Tika Sari Santika, Qipa Delima, Prida Najihan Ditami, Siti Julaeha, Niken Amelia, Riskia Devianti, Gina Apriliana, Tiara Monica, Novia Ananda Putri, Fauzan, Yola Amalia Buchori, Rizki Zaenul Hayat, dan Annisa Pranajaya.

Kami melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan pada 15 Juli - 15 Agustus 2022 dimulai dari perencanaan hingga akhir kegiatan. Pada hari Rabu, 10 Agustus 2022 dilaksanakan kegiatan berupa penyuluhan mengenai konsep stunting, sanitasi lingkungan dan juga demonstrasi mengenai MP-ASI di Desa Sukamulya, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kegiatan yang kami pilih untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memberikan Pendidikan Kesehatan melalui Penyuluhan terkait stunting, sanitasi dan cara membuat MP-ASI yang bisa mencegah terjadinya stunting.

2 Penyampaian Materi Mengenai Stunting dan Sanitasi
Penyampaian Materi Mengenai Stunting dan Sanitasi

Sebelum kegiatan penyuluhan, peserta kegiatan diberikan pre-test mengenai materi yang akan disampaikan, dan setelah materi diberikan dilakukan post-test dengan tujuan untuk mengukur pemahaman terkait materi yang pada kegiatan tersebut disampaikan oleh Ibu Iceu Mulyati, S.ST.,M.Keb (Dosen D3 Kebidanan Bandung) dan Ibu Santi Rinjani, S.Kep.,Ners.,M.Kep. (Dosen D3 Keperawatan Garut) selain pre-test dan post-test dalam selama kegiatan tersebut pun dilakukan diskusi atau tanya jawab terkait materi atau masalah yang berkaitan dengan stunting.

3 Kegiatan Demonstrasi MP-ASI
Kegiatan Demonstrasi MP-ASI

Selain penyuluhan, kegiatan yang dilakukan lainnya adalah melakukan demonstrasi tentang pembuatan MP-ASI yang bisa menjadi pilihan ibu-ibu yang memiliki balita memilih makanan sehat, yang mana bahan yang digunakan adalah ubi ungu, seperti yang kita ketahui ubi ungu ini memiliki banyak manfaatnya terutama bagi kesehatan diantaranya dapat meningkatkan kesehatan mata bayi, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi sembelit hingga mencegah kanker.

4 Kegiatan Sanitasi Lingkungan
Kegiatan Sanitasi Lingkungan

Edukasi lain yang kami berikan kepada masyarakat di Desa Sukamulya adalah melakukan kegiatan bersih-bersih pada hari Senin-Selasa, 8-9 Agustus 2022 terkait dengan kondisi sanitasi di wilayah tersebut yang masih perlu diperhatikan, mudah-mudahan dengan sanitasi yang baik, pengetahuan yang baik tentang stunting masyarakat di Desa Sukamulya memiliki kesadaran tentang pencegahan dan penanganan stunting sehingga angka stunting di Desa Sukamulya bisa turun dan tidak menjadi masalah terbesar di wilayah tersebut.

Universitas Bhakti Kencana
Universitas Bhakti Kencana ()
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved