Dekranasda Jabar Resmikan Rumah Belajar Batik Tasikmalaya Bantu Pemulihan Ekonomi 3.200 UMKM

Rumah Belajar Batik di Kota Tasikmalaya, Sabtu (20/8/2022) diresmikan oleh Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya didampingi Kadisperindag Jabar

ISTIMEWA
Peresmian Rumah Belajar Batik di Kota Tasikmalaya, Sabtu (20/8/2022) oleh Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil didampingi Kadisperindag Jabar Iendra Sofyan. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Barat bekerja sama dengan Dekranasda Jawa Barat terus menggulirkan program pemberdayaan UMKM dan generasi muda.

Salah satu dorongan riil tersebut diresmikannya Rumah Belajar Batik di Kota Tasikmalaya, Sabtu (20/8/2022) oleh Ketua Dekranasda Jabar Atalia Praratya Kamil didampingi Kadisperindag Jabar Iendra Sofyan.

Rumah Belajar Batik Tasikmalaya didirikan lewat kolaborasi Dekranasda Jabar dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dan Bank HSBC.

Atalia mengatakan di rumah ini sebanyak 3.200 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Tasikmalaya akan diberikan pengetahuan lengkap membatik yang dipandu oleh perajin batik kenamaan Komar selama satu tahun.

"Ini satu hal yang sangat kita tunggu karena kita tak ingin warisan budaya batik ini hilang karena tak ada regenerasi," kata Atalia.

Tak hanya untuk pelestarian budaya, Rumah Belajar Batik Tasikmalaya juga bertujuan untuk meningkatkan perekonomian warga.

Pasalnya, dari 3.200 peserta, 3.000-an merupakan UMKM terdampak COVID-19 yang penghasilannya menurun. Mereka diberikan peningkatan ilmu kewirausahaan, literasi keuangan dan digitalisasi. 


"Jadi warisan budaya batiknya lestari, kesejahteraan warga juga meningkat," ucap Atalia.

Atalia mengungkapkan pula, sebanyak 58.000 UMKM di Jabar terdampak pandemi COVID-19, dan di Kota Tasikmalaya tercatat 6.900 UMKM yang rata-rata sektor kerajinan dan fesyen pendapatannya menurun tajam.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved