Persib Bandung

BERITA PERSIB PAGI Menang Atas PSS Sleman, Persib Tinggalkan Papan Bawah, Ini Jalannya Pertandingan

Tambahan tiga poin tersebut, membuat Persib Bandung naik posisi ke peringkat sembilan klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Seli Andina Miranti
ligaindonesiabaru.com
Selebrasi David da Silva dan Ciro Alves setelah David mencetak gol bagi Persib Bandung ke gawang PSS Sleman, Jumat (19/8/2022) malam di Stadion Maguwoharjo. 

Laporan wartawan TribunJabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, SLEMAN - Persib Bandung berhasil melanjutkan tren positif kemenangan, dengan meraih tiga poin tambahan pada laga tandang menghadapi PSS Sleman, di Stadion Maguwoharjo Sleman Yogyakarta, Jumat (19/8/2022).

Skor 1-0 yang dicetak oleh David da Silva saat pertandingan berjalan pada menit ke- tidak mampu dibalas oleh tim berjuluk Super Elja hingga pertandingan babak kedua berakhir.

Tambahan tiga poin tersebut, membuat tim Maung Bandung naik posisi ke peringkat sembilan klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023.

Sedangkan PSS Sleman, hasil minor ini membuat mereka terpaksa turun peringkat ke posisi 12 klasemen.

Pelatih sementara Persib Bandung, Budiman mengaku bersyukur, dengan hasil tiga poin ini, membuat Persib Bandung berhasil melanjutkan tren positif dalam dua laga secara beruntun, sekaligus membuat timnya naik peringkat ke posisi sembilan klasemen dengan total tujuh poin dari lima laga.

"Alhamdulillah hari ini kami berhasil meraih kemenangan yang kedua dari Bandung, seperti yang menjadi target kami sebelum berangkat ke Sleman. Hasil tiga poin ini menambah jumlah poin kami, dari empat menjadi tujuh dan kami naik ke peringkat di klasemen," ujarnya dalam konferensi pers usai pertandingan, di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

Menurutnya, kemenangan timnya atas PSS Sleman di laga tandang, berkat hasil kerja keras para pemain yang tampil habis-habisan sepanjang pertandingan.

"Kemenangan ini tidak lepas dari hasil kerja keras para pemain. Saya tidak bisa apa-apa karena berada di luar (pinggir) lapangan. Sekali lagi, selamat pada para pemain yang sudab bekerja keras selama 90 menit," ucapnya.

Baca juga: Ini Kunci Keberhasilan Persib Bandung Bisa Menang di Sleman Kata Budiman dan Kapten Tim

Ia pun berharap, hasil positif ini mampu dipertahankan timnya, sekaligus menjadi modal berharga untuk mengahadapi laga selanjutnya.

"Sekali lagi, kami patut bersyukur, para pemain terus bekerja keras untuk mendapatkan hasil ini, sebagai pelepas dahaga di beberapa pertandingan yang kita enggak berhasil menang. Semoga ini menjadi momentum baik kedepannya," katanya.

Hal senada disampaikan oleh kapten tim Persib Bandung, Achmad Jufriyanto. Menurutnya, sebelum pertandingan dimulai, pihaknya sudah mempelajari dan mengantisipasi kekuatan dari tim PSS Sleman, sehingga kontra strategi pun dilakukan oleh timnya, untuk bisa meraih kemenangan.

"Alhamdulillah kita bisa memenangkan laga. Sebelum lawan Sleman kita sudah mengetahui apa yang menjadi ciri khas dari Sleman, saat bermain, mereka kuat dalam possesion, dan itu sudah kami antisipasi," ujarnya.

Pria yang akrab di sapa Jupe tersebut, bersyukur para pemain mampu melakukan strategi yang sesuai dengan instruksi pelatih.

"Para pemain pun melakukan strategi yang telah disiapkan, termasuk kompak dalam hal menyerang maupun bertahan untuk redam mereka dan berhasil. Saya salut perjuangan teman-teman saat bertahan sangat kompak sekali," ucapnya.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit dibunyikan wasit Adi Riyanto, jual beli serangan langsung diperagakan oleh kedua kesebelasan guna membongkar pertahanan lawan.

Baca juga: Kata Pengamat Setelah Persib Kalahkan PSS Sleman, Ini Persib Bandung Sebenarnya & Kritik untuk Ciro

Peluang demi peluang pun secara bergantian diciptakan oleh para pemain melalui sisi tengah maupu memanfaatkan lebar lapangan untuk mencari gol pembuka keunggulan.

Upaya memberikan tekanan yang secara impresif dilakukan oleh tim Persib Bandung akhirnya membuahkan hasil pada menit 7 babak pertama melalui gol yang dicetak David da Silva.

David yang mendapatkan ruang bebas saat berhasil memanfaatkan umpan dari Febri Hariyadi dari sisi kiri pertahanan tim Super Elja, langsung melepaskan sepakan terukur yang tidak mampu ditepis oleh kiper PSS Sleman, Jandia Eka Putra.

Skor 1-0 menjadi keunggulan bagi tim Maung Bandung.

Tertinggal gol membuat para pemain PSS Sleman terhenyak. Ze Valente pun langsung tampil menekan, bahkan memaksa Persib, untuk terus menjaga kedalaman lini pertahanannya.

Peluang terbaik diciptakan PSS Sleman pada menit 31, melalui aksi Todd Rivaldo Ferre yang berhasil melewati penjagaan Achmad Jufriyanto, sehingga tinggal berhadapan dengan kiper Persib, I Made Wirawan.

Namun Todd Ferre memilih memberikan umpan silang bagi Hokky Caraka yang berdiri bebas, sayang sepakan striker timnas Indonesia U-19 tersebut justru melambung di atas mistar gawang Persib.

Empat menit berselang, giliran Todd Rivaldo Ferre yang mencoba memberikan ancaman, melalui sepakannya dari luar kotak pinalti Persib. Namun pembacaan bola yang baik dilakukan I Made Wirawan, berhasil membuat gawang Persib masih terjaga.

Baca juga: Kata Pengamat Setelah Persib Kalahkan PSS Sleman, Ini Persib Bandung Sebenarnya & Kritik untuk Ciro

Menit 39, permainan yang berlangsung dalam tempo tinggi membuat wasit Adi Riyanto mencabut kartu kuning pertama dari sakunya.

Kartu tersebut diberikan bagi Nick Kuipers setelah menjegal Ze Valente di luar kotak pinalti Maung Bandung.

Satu menit pun diberikan oleh perangkat pertandingan sebagai waktu tambahan. Namun hingga laga 45+1 menit usai, skor 1-0 hasil pertandingan babak pertama tidak berubah.

Memasuki babak kedua, PSS Sleman yang tertinggal satu gol, langsung memeragakan permainan agresif untuk membongkar kokohnya lini pertahanan Persib yang digalang Nick Kuipers dan Achmad Jufriyanto.

Berkali - kali para pemain Persib Bandung pun tampak terjatuh akibat mendapat tekanan, hingga tackel dari para pemain asuhan Seto Nurdiantoro.

Namun, kondisi tersebut yang tidak dinilai sebagai sebuah pelanggaran, membuat para punggawa Maung Bandung melakukan hal serupa kepada pemain PSS Sleman. Sehingga pertandingan berlangsung dalam tempo tinggi.

Pada menit 59, wasit kembali mencabut kartu kuning keduanya, kali ini bagi Tallyson Duarte.

Tujuh menit berselang, kembali pemain Persib yakni Ricky Kambuaya harus menerima kartu kuning dari wasit setelah melanggar pemain PSS Sleman pada menit 66.

Baca juga: DUA Kebahagiaan Bagi Bobotoh Persib Bandung Malam Ini, Punya Pelatih Baru + Tiga Poin dari Sleman

Belum juga berhasil membuahkan gol, pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro pun mengubah strategi dengan melakukan rotasi yaitu, memasukan Boaz Salossa dan Miftahul Hamdi untuk menggantikan Hokky Caraka dan Komarudin pada menit 66.

Menit 69, Persib Bandung memiliki peluang emas untuk menggandakan keunggulan, setelah Ciro Alves berhasil menerima umpan Dedi Kusnandar. Ciro yang menguasai bol mendapat gangguan dari tiga pemain belakang PSS, hingga terjatuh.

Meski meringis kesakitan sambil memegangi lututnya, namun wasit tidak menilai sebagai sebuah pelanggaran.

Pada menit-75 giliran coach Budiman yang memasukan tenaga baru untuk menambah kekuatan lini serang yaitu, Ezra Walian dan menarik keluar Ricki Kambuaya.

Rotasi pun kembali di lakukan oleh PSS Sleman pada menit 78. Kali ini Fandi Eko Utomo dimasukkan sebagai pengganti Todd Rivaldo Ferre.

Serta memasukan Mychell Chagas menggantikan Dave Mustaine.

Menit 81, wasit Adi Riyanto memberikan kartu keempatnya malam ini, kepada gelandang PSS Sleman, Jihad Ayoub.

Tiga menit kemudian, Seto Nurdiantoro menarik keluar Jihad Ayoub dan memasukkan Arlan Agma Dinata.

Baca juga: Meriah Banget, Lomba Ngaliwet dan Nobar Persib Bandung di Kampung Sukamandi Mekar Lembang

PSS Sleman yang terus menekan lini pertahanan Persib Bandung sejak lima menit jelang penghujung berakhirnya waktu normal 45 menit, belum berhasil menciptakan gol.

Empat menit waktu tambahan pun diberikan perangkat pertandingan. Namun, hingga waktu tambahan berakhir dan peluit panjang di bunyikan wasit, skor 1-0 bagi keunggulan Persib Bandung tidak berubah dan memastikan kemenangan bagi tim Maung Bandung.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved