Karnaval Kaulinan Lembur Meriahkan HUT ke-77 RI di Sumedang, Warga pun Antusias Menyambutnya

Pemkab Sumedang menggelar karnaval Kaulinan Lembur atau permainan tradisional untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/KIKI ANDRIANA
Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengikuti karnaval Kaulinan Lembur atau permainan tradisional yang digelar Pemkab Sumedang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia, Kamis (18/8/2022). 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemerintah Kabupaten Sumedang menggelar karnaval Kaulinan Lembur atau permainan tradisional untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-77 Republik Indonesia. 

Karnaval digelar di halaman gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP), Kamis (18/8/2022). 

Karnaval itu mempertandingkan peserta antar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan Pemerintah Kecamatan se-Sumedang. 

Namun, bukan hanya menjadi karnaval pegawai pemerintahan, TNI, dan Polri juga diberi ruang untuk menjadi peserta acara atau sekedar nanya-nanya acara sebagai tontonan yang menghibur. 

Nela Megalita, peserta karnaval sekaligus Pranata Humas Asli Muda pada Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemkab Sumedang mengatakan karnaval Kaulinan Lembur merupakan rangkaian dari kemeriahan HUT ke-77 RI di Sumedang. 

"Sebelumnya ada kirab pusaka, kemudian ada upacara pengibaran bendera merah putih, dan hari ini karnaval," kata Nela saat diwawancarai TribunJabar.id di lokasi karnaval

Dua tahun tak ada kemeriahan serupa karena Covid-19, menurut Nela, membuat warga Sumedang kini sangat berbahagia dengan diadakannya kembali karnaval

"Ini juga bagian dari melestarikan budaya di Sumedang, membangkitkan kembali permainan tradisional yang sudah jarang diminati untuk dimainkan," kata Nela. 

Di lokasi karnaval, setiap tim dari masing-masing SKPD atau Pemerintah Kecamatan berbaris rapi.

Mereka berjalan tim demi tim menghadap ke panggung di mana Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Wabup Sumedang Erwan Setiawan, Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan, duduk menyaksikan karnaval

Ketika melewati panggung, tim demi tim berhenti sejenak, melakukan penghormatan dan meneriakan yel tentang Sumedang Simpati. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved