Puluhan Narapidana Korupsi di Lapas Sukamiskin Dapat Remisi, Tidak Ada Koruptor yang Langsung Bebas

Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar, Sudjonggo memastikan tidak ada narapidana korupsi yang langsung bebas, seusai mendapat remisi HUT RI

Penulis: Nazmi Abdurrahman | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman
Kepala Kantor Wilayah Kemenkum HAM Jabar, Sudjonggo memastikan tidak ada narapidana korupsi yang langsung bebas, seusai mendapat remisi HUT RI. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar, Sudjonggo memastikan tidak ada narapidana korupsi yang langsung bebas, seusai mendapat remisi hari kemerdekaan. 

"Untuk lapas kelas 1 Sukamiskin itu tidak ada yang bebas pada hari ini, jadi ada yang mendapat remisi tapi tidak bebas pada hari ini," ujar Sudjonggo, Rabu (17/8/2022). 

Menurutnya, total ada 91 narapidana korupsi dari lapas Sukamiskin yang mendapatkan remisi remisi HUT ke-77 RI.

"Jadi, untuk tindak pidana korupsi se-Jawa Barat yang terkait Peraturan Pemerintah (PP) 28 tahun 2006 itu berjumlah enam orang, tapi untuk PP 99 tahun 2012 itu ada 85 orang, namun yang bersangkutan tidak bebas, masih menjalani masa pidananya," katanya.

Baca juga: 442 Napi di Lapas Subang Mendapatkan Remisi, 3 Orang di Antaranya Langsung Menghirup Udara Bebas

Ada pun besaran remisinya, kata dia, beragam dari yang satu bulan sampai enam bulan pengurangan kurungan masa hukuman. 

Kriterianya, kata dia, untuk kasus tindak pidana khusus harus memenuhi syarat seperti bersedia menjadi justice collaborator dan membayar lunas denda serta uang pengganti.

"Untuk tindak pidana terkait PP tahun 2012 pasal 34A tetap harus menjalani pidana minimal enam bulan dengan melampirkan syarat sesuai ketentuan," katanya. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved