Tim PkM UPI dampingi Pemulihan Pariwisata Melalui Program Digitalisasi Desa Wisata Cibeusi

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Hari Selasa, 9 Agu

UPI
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Hari Selasa, 9 Agustus 2022 dengan mengambil tema Pemulihan pariwisata dengan program digitalisasi desa wisata di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang. 

TRIBUNJABAR.ID, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat pada Hari Selasa, 9 Agustus 2022 dengan mengambil tema Pemulihan pariwisata dengan program digitalisasi desa wisata di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Pendampingan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) didanai Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPI serta difasilitasi oleh Prof. Dr. Vanessa Gaffar, SE.Ak. MBA sebagai ketua, Dr. Askolani, S.E., M.M, Tia Yuliawati, S.Pd., MM serta Arief Budiman, S.S, S.Sos, IMSMEs selaku anggota. 

Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) dilakukan karena melihat, Jumlah wisatawan yang datang ke Kabupaten Subang dalam 2020 lalu mengalami penurunan drastis hingga 99 persen termasuk salah satunya Desa Cibeusi sebagai dampak dari Pandemi Covid-19.

Tahun 2020 jumlah wisatawan Kabupaten Subang hanya mencapai 382,372 orang, sebelumnya sekitar 6.3 juta orang. Terjadinya penurunan drastis wisatawan ke Kabupaten Subang ini berdampak serius pada pengelola dan masyarakat di sekitar wisata termasuk Desa Cibeusi.

Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pendidikan Indonesia melakukan 8 tahapan dalam Pemulihan pariwisata dengan program digitalisasi desa wisata di Desa Cibeusi, Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang.

Tahap pertama dengan melakukan observasi, dilakukan oleh seluruh Tim PKM Desa Binaan untuk mengetahui kondisi desa dan melakukan analisis serta memberikan solusi terhadap permasalahan yang sedang dihadapi di Cibeusi, Subang.

Tahap kedua, Menggali Potensi Wisata dengan melakukan analisis situasi dan permasalahan mitra, serta penggalian dengan metode Parsipatory Rural Apraisal (PRA) potensi destinasi wisata di Desa Cibeusi.

Tahap ketiga, Merancang Strategi Pengembangan dengan melakukan perancangan berbasis hasil analisis dari PRA strategi pengembangan destinasi sehingga tercipta model pengembangan destinasi wisata. Tahap keempat, Sosialisasi Desa Wisata Digital dengan melakukan sosialisasi desa wisata digital dalam rangka menginformasikan kepada mitra peran, fungsi dan implementasi program desa wisata digital.

Tahapan selanjutnya tahapan kelimamelakukampelatihan literasi digitaldengan mengajarkan pengetahuan, kecakapan dan pemanfaatan teknologi digital dalam rangka peningkatan literasi digital pada mitra. 

Tahap keenam Ekspose Hasil Mitra ke Pemerintah Daerah, memaparkan hasil pelatihan dan pendampingan Desa Wisata Digital yang telah dilaksanakan ke Masyarakat Pariwisata di Desa Cibeusi ke Pemerintah Desa dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Subang.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved