3 Rekomendasi Makanan Khas Banjarmasin yang Wajib Dicoba

Berikut ini adalah tiga rekomendasi makanan khas Banjarmasin yang menarik untuk disantap.

Penulis: IJS | Editor: APS
Wikimedia Commons
Ilustrasi soto banjar khas Banjarmasin. 

TRIBUNJABAR.com – Tahukah Anda bahwa Banjarmasin selain menjadi kota yang terbelah dengan sungai juga memiliki kekayaan kuliner?

Anda mungkin sudah tahu Banjarmasin merupakan salah satu kota besar yang ada di pulau Kalimantan. Kota ini merupakan Ibu Kota Provinsi Kalimantan Selatan.

Kota Banjarmasin terletak di dekat muara Sungai Barito dan terbelah dua oleh Sungai Martapura membuat kota ini seolah-olah terbagi menjadi dua bagian.

Hal itu pun menjadi salah satu keunikan Kota Banjarmasin. Sebab, ada banyak anak sungai yang dimanfaatkan masyarakat sebagai sarana transportasi meski pembangunan jalur darat pun sudah cukup baik.

Sebagai pusat pemerintahan, tidak heran jika kota ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap. Masyarakat Banjarmasin pun semakin bertambah jumlahnya.

Selain terkenal dengan industri tambang, banyak orang merasa betah dan cocok dengan makanan asli dari sini.

Jika Anda berencana untuk liburan atau business trip ke Banjarmasin, Anda harus memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya.

Baca juga: Ameena Liburan ke Pantai, Aurel Hermansyah Pakaikan Baju Bunga, Ameena Dipanggil Ini oleh Aurel

Anda bisa mulai dengan terbang menggunakan moda transportasi pesawat yang bisa dipesan melalui Traveloka. Kemudian, Anda bisa mengunjungi berbagai landmark di Kota Seribu Sungai ini.

Sebagai contoh, Anda wajib mengunjungi Pasar Apung Lok Baintan atau menelusuri Sungai Barito. Anda juga wajib mencicipi makanan asli Banjarmasin yang pastinya menggoyang lidah.

Penasaran apa saja? Berikut rekomendasi makanan khas Banjarmasin yang lezat dan harus dicoba.

1. Soto Banjar

Anda yang tinggal di pulau Jawa mungkin sudah terbiasa dengan sajian soto Kudus, soto Lamongan, soto Bandung, atau soto Kadipiro yang berasal dari Yogyakarta.

Nah, orang-orang Banjar juga memiliki soto asli daerah ini yang bernama soto Banjar.

Hidangan ini berbahan dasar ketupat atau lontong dengan tambahan soun/bihun, suwiran ayam, dan kuah soto yang kaya akan rempah, seperti kapulaga, cengkih, dan kayu manis.

Seiring perkembangan zaman, sebagian orang juga suka menambahkan susu di kuah soto banjar. Namun, ada juga yang memilih tetap menyajikannya dengan kuah bening.

Baca juga: Liburan Bersama Keluarga Jadi Agenda Wajib Aktris Tya Ariestya, Ini Cara Berlibur Nyaman dan Hemat

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved