Persib Bandung

Debut Kontroversial Ciro Alves Bersama Persib Bandung, Dipaksa Main Meski Cedera? Ini Penjelasannya

Debut Ciro Alves bersama Persib Bandung menuai kontroversi. Sebab, dia seperti belum benar-benar siap main di Liga 1 2022-2023.

Penulis: Cipta Permana | Editor: Giri
Tribun Jabar/Deni Denaswara
Pemain Persib Bandung Ciro Alves menguasai bola kala menghadapi Madura United di pekan kedua Liga 1 2022-2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (30/7/2022). Kondisi cedera Ciro masih rentan apabila sering terjatuh. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Cipta Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Debut Ciro Alves bersama Persib Bandung menuai kontroversi. Sebab, dia seperti belum benar-benar siap main di Liga 1 2022-2023.

Saat menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Sabtu (30/7/2022), Ciro dimainkan di menit 87.

Saat itu, Persib dalam posisi tertinggal 1-3.

Di lapangan, dalam beberapa momen, pemain kelahiran Brasil, 18 April 1989 tersebut memegangi bagian bahunya setelah terjatuh di lapangan. 

Selain itu, dia juga mencoba menghindarkan bagian yang cedera agar tak menyentuh tanah dulu ketika jatuh.  

Hal serupa pun terjadi saat sesi latihan tim di Stadion Sidolig, Kota Bandung, Selasa (2/8/2022).

Ciro tampak sesaat memegangi bahunya setelah melakukan gerakan dalam latihan.

Melihat dua situasi tersebut, maka muncul penilaian bahwa tampilnya Ciro Alves di pertandingan kandang perdana Persib Bandung terkesan dipaksakan.

Dokter tim Persib Bandung, Raffi Ghani mengatakan, dilibatkannya Ciro Alves dalam laga tersebut untuk memotivasi sang pemain sekaligus menghilangkan trauma cedera yang dialaminya.

"Kemarin dimasukkan ke line-up itu tujuannya hanya untuk memotivasi agar meningkatkan semangat dia supaya melakukan rehabilitasi lebih cepat lagi,” ujar Raffi, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, Rafi Ghani juga mengatakan bahwa alasan penyembuhan cedera itu sudah mendapatkan persetujuan dari jajaran tim pelatih.

Baca juga: TERUNGKAP Target Persib Bandung di Putaran 1 Liga 1 2022-2023, Ternyata Bukan Juara Paruh Musim

"Memang itu pembicaraan saya dengan tim pelatih, karena rencana kita seperti itu untuk menghilangkan trauma dia,” ucapnya.

Raffi pun menjelaskan, secara kondisi pemulihan cedera, Ciro Alves menunjukkan progres positif.

Namun, Ciro tetap harus  fokus untuk melakukan penguatan di bagian otot.

"Dari tulang yang patah kembali ada pembentukan (kalus) jadi sudah bagus. Secara pemeriksaan x-ray sudah bagus. Cuma memang saat pemulihan ada bagian tangan yang cedera, kan bergeraknya dibatasi, maka saat dibatasi, kekuatan otot lengan itu berkurang," ujarnya.

Meski demikian, cedera Ciro masih rentan.

Baca juga: Bobotoh Persib Bandung Tak Ingin Rasakan Kecewa Lagi, Wajib Menang di Kandang Borneo FC

"Karena bagian ototnya belum kuat, jadi masih riskan kalau dia terjatuh saat bermain. Sebetulnya kita masih ada rencana untuk menguatkan bagian otot yang cedera, karena saat kemarin enam minggu berlatih ada penurunan otot. Jadi setelah lawan Borneo, kami akan siapkan, biar dia bisa lebih optimal," katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved