Penyakit Tidak Menular Ancam Usia Muda, Mahasiswa hingga Dosen ISBI Cek Darah hingga Pemeriksaan HIV

mahasiswa, dosen, dan pegawai ISBI, serta masyarakat umum diperiksa kesehatannya mulai dari cek gula darah, tekanan darah, dan HIV.

Tribun Jabar/ Nazmi Abdurraman
Sejumlah mahasiswa, dosen dan pegawai Istitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) serta masyarakat umum mendapatkan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) hipertensi dan diabetes melitus, Rabu (27/7/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Nazmi Abdurahman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sejumlah mahasiswa, dosen dan pegawai Istitut Seni Budaya Indonesia (ISBI) serta masyarakat umum mendapatkan pemeriksaan penyakit tidak menular (PTM) hipertensi dan diabetes melitus, Rabu (27/7/2022).

Screening PTM tersebut, dilakukan oleh Puskesmas terpadu dan juara (PUSPA) Cijagra Baru, Kota Bandung, di halaman kampus ISBI.

Kepala UPT Puskesmas Cijagra Baru, Dokter Edith Yuliet mengatakan, kegiatan screening PTM ini sebenarnya sudah berjalan sejak beberapa bulan lalu.

Baca juga: Apa Itu Empty Sella Syndrome? Penyakit yang Diderita Ruben Onsu, Salah Satu Gejalanya Mata Kering

"Terlebih ada bantuan dari tenaga PUSPA, kita intens ke Kelurahan dan kantor-kantor, dari Dinas itu targetnya minimal 7000 pertahun sesuai dengan proyeksi jumlah penduduk," ujar Edith.

Dalam screening PTM ini, mahasiswa, dosen, dan pegawai ISBI, serta masyarakat umum diperiksa kesehatannya mulai dari cek gula darah sewaktu atau pengecekan langsung tanpa puasa, tekanan darah, dan HIV.

"Mengingat di sini targetnya anak muda dan banyak anak kost yang beresikolah, jadi kita tambah dengan pemeriksaan HIV," katanya.

Tak hanya HIV, kata dia, sebenarnya anak muda sekarang juga rentan terkena penyakit tidak menular lainnya seperti kadar gula darah atau diabetes yang disebabkan pola hidup tidak sehat.

"Anak muda itu rentan, apalagi banyak mahasiswa begadang kurang tidur ngerjain tugas, makannya juga kan tidak teratur," ucapnya.

Staf rumah tangga ISBI, Edy Fery Herdian mengatakan, dalam pemeriksaan ini pihaknya mendorong semua civitas akademika ISBI untuk ikut screening PTM.

"Lebih ke preventif saja ya, agar lebih aware, terutama terhadap bahaya virus HIV dan pola kehidupan dari pegawai dan mahasiswa," ujar Edy.

Baca juga: Musim Pancaroba, Warga Bandung Raya Mesti Waspada Datangnya Beragam Penyakit, Stamina Harus Dijaga

Lurah Cijagra Baru, Gustian menambahkan, dari kewilayahan pada prinsipnya mendukung sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini PTM di masyarakat.

"Ini memang rutin dilaksanakan dari pihak Puskesmas Cijagrabaru dan PTM ini penting, ini salah satu pencegahan penyakit tidak menular," ujar Gustian.

SPV program PUSPA Kota Bandung, Mira Maryani Latifah mengungkapkan, Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat mendukung kegiatan ini untuk meningkatkan layanan pemeriksaan penyakit tidak menular ke layanan publik.

"Jadi, dari usia 15-49 tahun kan punya hak mendapatkan layanan pemeriksaan minimal satu kali setahun, sehingga diharapkan teman-teman PUSPA bisa mendorong itu dan bisa membantu meningkatkan capaian standar pelayanan minimal (SPM) serta memantik semangat teman-teman Puskesmas ," ujar Mira.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved