Pemilu 2024

Menjelang Pemilu 2024 di Ciamis, Dari 35 Partai Politik Baru 3 Parpol yang Sudah Lapor ke Kesbangpol

Dari 35 parpol tingkat nasional (termasuk 16 parpol lama peserta Pemilu 2019) calon peserta Pemilu 2024, di Ciamis baru 3 parpol yang sudah lapor

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUN JABAR/AHMAD IMAM BAEHAQI
ILUSTRASI bendera parpol. Dari 35 parpol tingkat nasional calon peserta Pemilu 2024, di Ciamis baru 3 parpol yang sudah lapor keberadaannya ke Badan Kesbangpol Ciamis. 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS - Dari 35 parpol tingkat nasional (termasuk 16 parpol lama peserta Pemilu 2019) calon peserta Pemilu 2024, di Ciamis baru 3 parpol yang sudah lapor keberadaannya ke Badan Kesbangpol Ciamis.

Sementara jadwal pendaftaran parpol dan penyampaian dokumen pendaftaran oleh Parpol ke KPU mulai Senin (1/8/2022) sampai Minggu (14/8/2022).

Ke-3 parpol yang sudah melaporkan keberadaannya di Ciamis tersebut masing-masing Partai Gelora, Partai Ummat dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP/dulu PKPI).

Sedangkan Partai Golkar sedang melengkapi berkas dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) baru menyerahkan berkas.

“Sementara Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) baru menyerahkan berkas. Sedangkan Golkar sedang melengkapi berkas,” ujar Udin Syamsudin, pelaksana pada Bidang Poldagri Badan Kesbangpol Ciamis kepada Tribun, Selasa (26/7/2022).

Salah satu berkas yang harus dilengkapi saat pendaftaran parpol calon peserta Pemilu 2024 katanya yakni bukti lapor keberadaan di daerah (Kabupaten/Kota). Baik itu parpol lama maupun parpol baru.

Parpol calon peserta Pemilu 2024 yang sudah lebih dulu melaporkan keberadaannya di Ciamis adalah Partai Gelora, kemudian disusul Partai Ummat dan Partai Keadilan dan Persatuan (PKP).

“Yang menyerahkan berkas sebagai pelaporan Partai Gelora langsung oleh Pak Dedi (maksudnya, Sekjen DPD Partai Gelora Kabupaten Ciamis, Dedi Rusnandi) pekan lalu. Sementara hari ini  yang menyerahkan berkas dari PKN, belum dicek kelengkapannya ,” katanya.

Sedangkan untuk Partrai Golkar menurut Udin, ada beberapa lampiran berkas yang harus dilengkapi. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved