Kapolres Subang AKBP Sumarni Berikan Kiat Kepada Santriwati Agar Terhindar dari Pelecehan Seksual

Kapolres Subang AKBP Sumarni memberikan penyuluhan kepada para santri di pondok pesantren untuk menjaga diri agar terhindar dari pelecehan seksual

Penulis: Ahya Nurdin | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/AHYA NURDIN
Kapolres Subang AKBP Sumarni, saat memberikan penyuluhan kepada para santri Ponpes Al-Ikhlas Raudhatul Uluum, Kasomalang, Subang, Rabu (20/7/2022). Ia menjelaskan agar terhindar dari pelecehan seksual hingga menghindari paham radikal. 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id, Subang, Ahya Nurdin

TRIBUNJABAR.ID, SUBANG - Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang juga dikenal dengan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang merupakan kegiatan yang di sekolah maupun pondok pesantren setiap awal tahun ajaran baru guna menyambut kedatangan para peserta didik baru. Seperti halnya yang dilaksanakan di Ponpes Al-Ikhlas Raudhatul Uluum, Kasomalang Subang, Rabu (20/7/2022).

Pada kesempatan kegiatan MPLS di Ponpes Al-Ikhlas Raudhatul Uluum tersebut, Kapolres Subang AKBP Sumarni hadir langsung memberikan penyuluhan dan sosialisasi tentang pemahaman kesadaran hukum serta bahaya kenakalan remaja kepada ratusan santri.

Kapolres Subang AKBP Sumarni disela-sela MPLS memberikan penyuluhan menekankan kepada para santri di pondok pesantren Al Ikhlas Raudhatul Uluum untuk senantiasa menjaga diri dari hal-hal negatif seperti pelecehan seksual.

"Kepada para santri, kami menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas dan pesan khusus kepada anak-anak santri santriwati yang ada di sini agar mereka mulai dari sekarang antisipasi terhadap kejadian-kejadian seperti kasus-kasus pelecehan seksual yang menimpa santriwati," ujar Kapolres Subang AKBP Sumarni.

Menurut Sumarni, para santriwati harus berani untuk mengatakan atau berani menolak kalau ada hal-hal yang diperintahkan kepada mereka yang tidak sesuai dengan norma agama, norma hukum, norma kesusilaan, dan norma kesopanan

"Tolak tegas dan lawan serta laporkan siapapun baik guru, ustadz jika ada yang berani macem-macem atau melakukan pelecehan terhadap santriwati," katanya

Selain itu, ia juga meminta para santri untuk tetap semangat belajar mempersiapkan diri untuk mengemban amanah membangun bangsa Indonesia.

"Para santri ini ke depan akan menjadi generasi yang melanjutkan tongkat kepemimpinan bangsa, dan harus bisa mempertahankan dan memajukan bangsa dan negara Indonesia kedepan agar lebih maju dan disegani oleh bangsa asing serta punya kemandirian ekonomi," ucapnya.

Baca juga: Polisi Subang Datangi Siswa-siswi Baru SMK Bina Nusantara, Ada Apa?

Tidak hanya itu, Kapolres Subang AKBP Sumarni juga menyampaikan para santri agar tak terpengaruh oleh paham-paham radikal.

"Waspada dalam menggunakan media sosial agar jangan terpengaruh oleh hal-hal negatif seperti paham radikalisme dan konten pornografi," katanya

Kapolres Subang AKBP Sumarni juga juga berkordinasi dengan pimpinan pondok pesantren Al-Iklas Raudhatul Uluum untuk tetap memberikan perlindungan penjagaan kepada seluruh santri dan santriwati yang menimba ilmu di sini.

"Lindungi para santri dari segala pengaruh negatif dan didik sebaik mungkin demi masa depan para santri yang lebih baik," ungkapnya

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved