PPDB di Tasikmalaya Hampir Final, Faktor Negeri Minded Bikin Sekolah Swasta Kekurangan Siswa Baru

Pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2022/2023 tingkat SMA/SMK hampir berakhir, sekolah swasta sudah diketahui gigit jari nyaris tak kebagian siswa baru.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
ppdb.disdik.jabarprov.go.id
PPDB Jawa Barat 2022. Pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2022/2023 tingkat SMA/SMK hampir berakhir, sekolah swasta sudah diketahui gigit jari nyaris tak kebagian siswa baru. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Pelaksanaan PPDB tahun ajaran 2022/2023 tingkat SMA/SMK hampir berakhir, sekolah swasta sudah diketahui gigit jari nyaris tak kebagian siswa baru.

Di SMA Pasundan 2, Jalan Sukarindik, Kota Tasikmalaya, misalnya, hingga hari pengumuman kelulusan jalur zonasi, Rabu (13/7/2022), hanya kebagian 14 siswa yang mendaftar.

Sementara kondisi SMK Pasundan yang satu kampus dengan SMA Pasundan 2 bahkan lebih memprihatinkan lagi hanya mendapat tujuh siswa baru.

"Siswa baru yang daftar ke sekolah kami ini bahkan jumlahnya lebih sedikit dibanding tahun lalu," kata Kepala SMA Pasundan 2 Kota Tasikmalaya, Eri Kustiaman.

Tahun ajaran 2021/2022 sebelumnya, SMA Pasundan 2 menerima murid baru 20 orang. Mereka tak ada yang keluar dan kini naik ke kelas XI.

Penyebab sekolah swasta selalu kekurangan siswa baru, menurut Eri, selain karena jumlah SMA negeri yang banyak hingga sampai SMA Negeri 10 juga karena masih adanya faktor negeri minded.

Baca juga: Satu Sekolah Dasar Hanya Dapat 3 Murid Baru, Masa PPDB Online SD di Kota Bandung Diperpanjang

"Sistem zonasi juga ikut mempengaruhi berkurangnya siswa baru masuk sekolah swasta. Karena yang kurang pintar pun bisa masuk sekolah negeri asal domisilinya dekat," ujar Eri.

Melihat kondisi seperti itu, Eri masih berharap ada penambahan murid baru. Karenanya SMA Pasundan 2 masih akan menerima siswa baru hingga September nanti.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved