Hingga Pertengahan Tahun, 17 Anak dan 4 Dewasa Meninggal Akibat Serangan DBD di Kota Tasikmalaya

Kasus kematian akibat serangan demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tasikmalaya sepanjang tahun 2022 mencapai 21 orang.

Penulis: Firman Suryaman | Editor: Darajat Arianto
Tribun Jabar
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Tasikmalaya, dr Asep Hendra (kiri) memberi penyuluhan kepada warga. Menurut Asep, kasus kematian akibat serangan DBD di Kota Tasikmalaya sepanjang tahun 2022 mencapai 21 orang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Firman Suryaman

TRIBUNJABAR. ID, TASIKMALAYA - Kasus kematian akibat serangan demam berdarah dengue (DBD) di Kota Tasikmalaya sepanjang tahun 2022 mencapai 21 orang.

Sebagian besar menimpa anak-anak usia 6-12 tahun. Warga diminta waspada dengan selalu menerapkan kegiatan pemberantasan sarang nyamuk.

"Sepanjang tahun 2022, mulai Januari hingga Juni kemarin mencapai 1.175 kasus serangan DBD. Dari jumlah itu, 21 diantaranya meninggal," kata Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, dr Asep Hendra, Senin (11/7).

Serangan penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti ini hampir merata di 10 kecamatan yang ada di wilayah Kota Tasikmalaya.

"Hanya tiga kecamatan yang jumlah kasusnya di bawah 100 kasus. Tujuh kecamatan lainnya di atas 100 kasus, termasuk tiga kecamatan di pusat kota yakni Tawang, Cihideung dan Cipedes," ujar Asep.

Asep mengimbau warga selalu melakukan kegiatan PSN. Karena hanya dengan PSN lah penyebaran nyamuk aedes aegypti bisa diredam.

"Serangan nyamuk itu terjadi pada pagi dan sore. Hati-hati jika si buah hati tidur pada waktu-waktu tersebut. Jangan sampai digigit nyamuk," kata Asep.

Ia menambahkan, jajaran petugas Dinas Kesehatan dan Puskesmas terus melakukan sosialisasi kewaspadaan terhadap serangan DBD.

"Namun yang paling penting adalah antisipasi masing-masing keluarga melalui PSN," ujar Asep.  (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved