Piala AFF U19 2022

Pemain Timnas U-19 Indonesia Dituntut Bisa Bermain Multiposisi, Termasuk Pemain Persib dan Persija

Bersama timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong memainkan pemain Persib Bandung Kakang Rudianto di dua posisi berbeda

Twitter PSSI
Timnas U-19 Indonesia vs Korea Selatan 

TRIBUNJABAR.ID- Shin Tae-yong menuntut para pemain timnas U-19 Indonesia untuk bisa bermain minimal di dua posisi berbeda.

Satu di antaranya adalah pemain Persib Bandung Kakang Rudianto

Bersama timnas U-19 Indonesia, Shin Tae-yong memainkan Kakang Rudianto sebagai bek tengah dan bek sayap.

Dalam laga lawan Filipina di Piala AFF U-19, Shin Tae-yong juga mengubah posisi pemain Persija Jakarta, Alfriyanto Nico.

Pemain yang berposisi asli gelandang sayap tersebut berperan sebagai bek sayap. Perubahan posisi Alfriyanto Nico cukup berhasil.

Ia mencetak satu gol dan membawa timnas U-19 Indonesia menang 5-1 atas Filipina dalam laga di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, pada Jumat (8/7/2022).

Pesepak bola Timnas U19 Indonesia Kakang Rudianto berebut bola dengan pesepak bola Vietnam saat pertandingan penyisihan piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Pada babak pertama berakhir imbang 0-0.  (TRIBUNNEWS/HERUDIN)
Pesepak bola Timnas U19 Indonesia Kakang Rudianto berebut bola dengan pesepak bola Vietnam saat pertandingan penyisihan piala AFF U19 di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (2/7/2022). Pada babak pertama berakhir imbang 0-0. (TRIBUNNEWS/HERUDIN) (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Baca juga: Timnas U-19 Indonesia Bisa Juara Grup A Piala AFF U19 2022 dan Lolos ke Semifinal, Ini Syaratnya

Satu lagi pemain yang mengalami perubahan posisi serupa adalah Subhan Fajri.

"Nico dan Subhan mempunyai tipikal permainan yang bisa di wing ataupun wing back," kata Shin Tae-yong pasca-laga menghadapi Filipina.

"Kecuali tiga pemain belakang kami yang tidak bisa berubah posisi. Saya ingin setiap pemain harus bisa bermain di setiap posisi."

"Mereka harus bergerak dan cari ruang kosong dan itu-lah taktik kami," ujar pelatih berpaspor Korea Selatan itu.

Beberapa pemain lain juga bisa multiposisi di bawah asuhan Shin Tae-yong misalnya Kakang Rudianto yang sering diturunkan sebagai wingback, Ronaldo Kwateh (winger dan striker) dan Dimas Juliono (bek dan gelandang).

Pada laga melawan Filipina, Shin Tae-yong juga memutuskan melakukan rotasi. Sembilan pemain, yang tak tampil pada laga-laga sebelumnya, bermain turun sebagai starter.

Baca juga: Piala AFF U19 2022, Absennya Marselino Ferdinan Mulai Bisa Tetutupi Pemain Lain

Hanya posisi Cahya Supriadi sebagai penjaga gawang tak sama sekali tak diutak-atik Shin Tae-yong.

"Saya mengubah starting line-up untuk antisipasi laga selanjutnya. Kalau kami paksakan bermain, fisik pemain akan runtuh dan menurun," kata Shin Tae-yong.

"Posisi kiper memang berbeda dengan posisi lainnya. Jadi saya pastikan akan meminimalkan pergantian kiper selama turnamen ini."

"Menurut saya, sangat penting kiper dimainkan terus selama turnamen dan saya akan jarang sekali mengganti posisi kiper," ujar Shin Tae-yong.

Pada Minggu (10/7/2022), timnas U-19 Indonesia melawan Myanmar sebagai laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot.

Kemenangan akan membawa Garuda Nusantara lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2022.

Artikel ini telah tayang di Bolasport.com berjudul Shin Tae-yong Tuntut Pemain Timnas U-19 Indonesia Multiposisi untuk Akomodir Taktiknya, Kecuali Kiper

Sumber: BolaSport.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved