Audit BPK Sudah Selesai, DPRD Indramayu Akan Kebut Pembahasan LPP APBD 2021

DPRD Kabupaten Indramayu akan membahas laporan pertanggungjawaban pelaksaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (LPP APBD) 2021.

Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Ketua DPRD Indramayu, Syaefudin saat menemui Plh Kepala Auditor Wilayah 3 Jawa Barat di gedung BPK perwakilan Provinsi Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Handhika Rahman

TRIBUNJABAR.ID, INDRAMAYU - DPRD Kabupaten Indramayu akan membahas laporan pertanggungjawaban pelaksaan anggaran pendapatan dan belanja daerah (LPP APBD) 2021.

Hal ini, menyusul dengan telah rampungnya audit yang dilakukan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Barat pada 30 Juni 2022 kemarin.

"Hari ini kita telah melakukan konsultasi melalui badan anggaran DPRD Indramayu ke BPK perwakilan Provinsi Jabar. Dari hasil konsultasi, diperoleh informasi bahwa pemeriksaan keuangan sudah selesai dan direncanakan akan diserahkan kepada pimpinan DPRD Kabupaten Indramayu dan Bupati Indramayu pada Rabu 6 Juli 2022," kata Ketua DPRD Kabupaten Indramayu, Syaefudin melalui keterangan tertulis yang diterima Tribuncirebon.com, Sabtu (2/7/2022).

Baca juga: Video Viral TKW asal Indramayu Nangis Ungkap Kesakitan Bernanah, Minta Tolong ke Jokowi Ingin Pulang

Dalam konsultasi tersebut, Badan Anggaran DPRD Kabupaten Indramayu ditemui langsung oleh Plh Kepala Auditor Wilayah 3 Jawa Barat, Nira Yuliantina di gedung BPK perwakilan Provinsi Jawa Barat.

Adapun, soal belum diserahkannya Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BKP kepada pimpinan DPRD Indramayu atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Indramayu, dikarenakan BPK memperpanjang waktu pemeriksaan selama 16 hari untuk mendalami dan meyakini lagi atas laporan keuangan pemerintah daerah.

"Audit BPK baru selesai akhir Juni lalu, jadi penyerahan baru akan dilakukan pekan depan," kata dia yang diamini oleh dua anggota badan anggaran DPRD Kabupaten Indramayu, Edy Mulyadi dan M. Alam Sukmajaya.

Lanjut Syaefudin, dengan hasil audit BPK tersebut, membuat pembahasan LPP APBD Kabupaten Indramayu tahun anggaran 2021 sudah dapat dilampiri dengan LHP BPK.

Sehingga, mekanisme pembahasan raperda tentang LPP APBD tahun anggaran 2021 sudah sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku sebagaimana diatur dalam pasal 194 PP 12 tahun 2019 tentang pengelolaan keuangan daerah.

Baca juga: Cucun TKW Indramayu Rekam Video Minta Tolong Dipulangkan, Tapi Harus Bayar Denda Rp 80 Juta

"Pembahasan antara badan anggaran dan TAPD kabupaten Indramayu yang sudah dijadwalkan oleh bamus adalah pada 14-27 Juli 2022," kata dia.

Sementara itu, anggota badan anggaran DPRD Kabupaten Indramayu, Dalam menambahkan, rampungnya audit BPK, akan membuat pembahasan LPP APBD 2021 menjadi lebih komprehensif.

"Kita bisa membahas secara detail dengan berpijak pada data hasil audit BPK," kata dia.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved