Rawan Kecelakaan, 1 Perlintasan KA Tanpa Palang Pintu di Ciamis Akan Ditutup, Ingat Tanggalnya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 akan menutup perlintasan KA tanpa palang pintu (lintasan sebidang) di Jalan Benteng, Lingkungan Desa Kolot.

Penulis: Andri M Dani | Editor: Giri
Tribun Jabar/Andri M Dani
Seorang pengendaran melintasi perlintasan kereta api sebidang tanpa palang pintu di Jalan Benteng Ciamis, Jumat (24/6/2022). Perlintasan ini akan ditutup mulaio Rabu (29/6/2022) seperti dalam spanduk sosialisasi yang terpasang. 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 2 akan menutup perlintasan KA tanpa pintu (lintasan sebidang) di Jalan Benteng  Lingkungan Desa Kolot RT 02 RW 24 Ciamis.

Penutupan pelintasan KA yang berlokasi di perbatasan Lingkungan Karang, Lingkungan Desa Kolot (Gayam), dan Lingkungan Rancapetir tersebut saat ini masih tahap sosialisasi.

Penutupan secara resmi akan dilaksanakan pada Rabu (29/6/2022).

“Spanduknya dipasang kemarin. Katanya  lintasan ini mau ditutup,” ujar Toto, relawan penjaga lintasan KA tanpa pintu di  Jalan Benteng tersebut kepada Tribun, Jumat (24/6/2022).

Menurut Toto yang sudah tiga tahun menjadi relawan penjaga lintasan KA tanpa pintu tersebut, lintasan tersebut nantinya tertutup untuk semua kendaraan.

“Sehari-hari jalan ini memang banyak mobil yang lewat lalu-lalang, apalagi pagi hari dan jam pulang kantor maupun pulang anak sekolah,” ujar Budi Damsik, warga setempat.

Budi mengatakan, perlintasan KA tanpa palang pintu di Jalan Benteng tersebut rawan terjadi kecelakaan.

“Terakhir beberapa tahun lalu mobil sedan warna pink ketabrak KA sampai terlempar ke sawah. Beruntung sopir dan penumpangnya selamat,” jelas Budi.

Bila lintasan rel KA tanpa palang pintu tersebut ditutup total maka pengguna harus mencari jalan lain.

Baca juga: Kereta Api Tabrak Avanza hingga Rusak Parah, Tak Ada Korban Jiwa, Begini Kronologinya

Yang dari arah Benteng menuju Gayam dialihkan belok kanan masuk Jalan R Okas Bratakusumah Lingkungan Karang atau melalui Jalan Cilame.

Sedangkan yang biasa masuk dari arah Gayam menuju Benteng, nanti harus lewat Jalan R Okas Bratakusumah dari arah Stadion Galuh.

“Dengan sendirinya nanti Jalan Karang (Jalan Okas Bratakusumah) akan lebih ramai, banyak kendaraan yang lewat. Sementara yang dari arah Gayam akan  sepi, tidak bisa lagi langsung ke Benteng,” ujar Hendra, warga Gayam.

Manajer Humas Daops 2 Bandung, Kuswadoyo, membenarkan tentang rencana penutupan itu.

Baca juga: Ringankan Beban Latifa Penderita Tumor Otak, Polres Sukabumi Kota Serah Uang Penggalangan Dana

“Lokasi perlintasan sebidang di Jalan Benteng Ciamis tersebut merupakan salah satu pelintasan yang masuk ke dalam program penutupan oleh KAI dan DJKA,” ujar Kuswardoyo.

Dia mengatakan, penutupan dilakukan untuk meminimalisasi kecelakaan.

“Rencana penutupan perlintasan sebidang tersebut sudah kami bicarakan dengan Dishub (Ciamis) melalui rapat bersama,” katanya. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved