Hasil SBMPTN 2022 Sudah Keluar, Ini Tips Bagi Peserta yang Tak Lulus dari Pakar Pendidikan UPI

Pakar Pendidikan UPI, Cecep Darmawan memberikan tips bagi mereka yang tak lulus SBMPTN 2022

dok pribadi/ Istimewa
Pakar Pendidikan UPI, Cecep Darmawan memberikan tips bagi mereka yang tak lulus SBMPTN 2022. 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Hasil seleksi bersama masuk perguruan tinggi (SBMPTN) 2022 telah keluar. Selamat bagi peserta yang lolos dan jangan patah semangat bagi peserta yang tak lolos dalam SBMPTN tahun ini.

Pengamat Pendidikan dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Cecep Darmawan memberikan saran atau tips bagi peserta yang memang tak beruntung tahun ini.

"Bagi yang tak lulus (SBMPTN) 2022 bukanlah suatu kegagalan atau kehancuran hidup, itu yang pertama. Mungkin saja, belajarnya kurang rajin, atau mungkin saja jurusan yang dituju terlalu ketat pesertanya," katanya saat dihubungi Tribun Jabar, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: 534 Orang Masuk Polban Melalui SBMPTN 2022, Wajib Daftar Ulang Pada Periode Berikut

Ia menyebut bagi yang tak lulus masih terbuka peluang untuk kuliah di perguruan tinggi swasta, tergantung si anak itu mampu atau tidak.

Namun, Cecep menyebut PT swasta ada pula yang biayanya terjangkau dan banyak pula PT swasta yang akreditasinya sama dengan PT negeri.

"Jadi, saran saya jangan putus harapan. Lanjut saja di manapun kampusnya atau sekarang kan sudah ada sekolah yang kedinasan. Intinya, ada swasta yang relatif sama dengan negeri dari segi akreditasi," katanya.

Baca juga: UIN SGD Bandung Terima 910 Mahasiswa Baru Jalur SBMPTN 2022, Terbanyak dari Prodi Sosial Humaniora

Jika memang ada peserta yang tak lulus lalu memilih untuk menunda kuliah sampai tahun depan, Cecep menyebutnya sebagai suatu pilihan hidup.

Tetapi, dia meminta anak itu untuk mengisi waktu belajar atau mencari pengalaman untuk menambah kemampuannya (skill) atau bisa juga mengisi waktu yang bermanfaat alias positif," katanya.

Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved