BI Khawatir PMK Picu Inflasi di Kota Cirebon, Harga Daging Bisa Naik Tajam

Menurut Hestu Wibowo, wabah PMK berpotensi membuat harga daging di pasaran melambung, khususnya di momen menjelang Iduladha seperti sekarang.

Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo, setelah Sosialisasi Pelaksanaan Kurban saat Wabah PMK yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKPPP) Kota Cirebon di Hotel Santika, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Kamis (23/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON- Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia (BI) Cirebon, Hestu Wibowo, mengaku khawatir wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) menyebabkan inflasi.

Karena itu, BI Cirebon ambil bagian dalam Sosialisasi Pelaksanaan Kurban saat Wabah PMK yang digelar Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, dan Pertanian (DKPPP) Kota Cirebon di Hotel Santika, Jalan Wahidin, Kota Cirebon, Kamis (23/6/2022).

Menurut Hestu Wibowo, wabah PMK berpotensi membuat harga daging di pasaran melambung, khususnya di momen menjelang Iduladha seperti sekarang.

"Jika permintaan meningkat, tapi pasokannya berkurang, maka harganya jadi naik," ujar Hestu Wibowo saat ditemui seusai kegiatan.

Sebaliknya, ucapnya, jika permintaan menurun dan pasokan lancar, pun bakal berimbas pada anjloknya harga daging di pasaran.

Baca juga: Harga Daging Ayam dan Cabai di Sukabumi Meroket, Harga Cengek dari Rp 40 Ribu Jadi Rp 75 Ribu/Kg

Ia mengatakan, sosialisasi tersebut juga bertujuan untuk menjaga keseimbangan antara pasokan dan permintaan sehingga harga daging di pasaran tetap stabil.

"Sejauh ini, wabah PMK belum memengaruhi inflasi, karena daging tidak termasuk lima komoditas utama penyebab inflasi Kota Cirebon," kata Hestu Wibowo.

Saat ini, perkembangan harga daging di pasaran juga tergolong stabil sehingga tidak memengaruhi inflasi.

Hestu Wibowo juga memastikan, Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kota Cirebon siap turun tangan manakala terjadi lonjakan harga di pasaran.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved