SBM ITB Nilai Startup Masih Menjanjikan dan Potensial, Gelar Bandung Startup Pitching Day 2022

Ada 20 startup terbaik yang terpilih dalam Bandung Startup Pitching Day 2022.

Penulis: Tiah SM | Editor: taufik ismail
Istimewa
Direktur The Greater Hub SBM ITB Dina Dellyana (kiri), mengamati materi presentasi startup dalam “Bandung Startup Pitching Day 2022,” di Kampus ITB Bandung, Kamis (16/6/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Tiah SM

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekolah Bisnis Manajemen Institut Teknologi Bandung menganggap startup masih memiliki potensi menjanjikan di masa depan.

Kehadiran startup mampu menaikkan kapasitas berbagai industri, mendongkrak pertumbuhan ekonomi, hingga meningkatkan layanan publik.

“Kenapa masih potensial, karena untuk beberapa industri masih besar potensi pasarnya. Selain itu banyak ide-ide potensial muncul dari kampus dan ide-ide ini semakin tajam karena talent-nya juga lebih siap dan berkualitas karena sudah ‘ditempa’ oleh ekosistem entrepreneurship yang ada di dalam dan luar kampus,” ujar Direktur The Greater Hub SBM ITB Dina Dellyana, dalam “Bandung Startup Pitching Day 2022,” di Kampus ITB Bandung, Kamis (16/6/2022).

Berkaitan dengan sejumlah startup yang mengalami bubble burst belakangan ini, Dina melihat kondisi ini menjadi kesempatan startup yang baru dibentuk untuk dirancang lebih matang. 

"Bubble burst ini bisa diambil hikmahnya. Di mana startup jadi harus lebih berpikir real bisnis dan tidak sugar coating. Termasuk berpikir mengelola cost dengan bijaksana, berpikir working product yang memiliki path to profitability. Para investor pasti lebih ketat lagi dalam menentukan kriteria. Tugas kita di inkubator adalah membantu startup mencapai metrik-metrik baru ini,” ujarnya.

Pertumbuhan startup yang masih menanjak terlihat dari acara “Bandung Startup Pitching Day 2022”.

Terdapat 20 startup yang melakukan presentasi bisnis di hadapan 28 pemodal dalam dan luar negeri.

Enam entitas terkemuka dari stakeholder ekosistem startup di Bandung yaitu Thegreaterhub SBM ITB, LPIK ITB, Startup Bandung, Startup Grind Bandung, Geek Hunter dan Block71 Bandung juga didukung oleh Endeavor, Xendit berkolaborasi dalam acara yang telah digelar empat kali itu.

Sebagai inisiator, Dina mengungkap bahwa latar belakang kegiatan tahunan ini sejalan dengan bertambahnya jumlah startup di Indonesia dan memerlukan pendanaan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved