UD Trucks Quester Euro 5 Hadir di Jabar, Keunggulannya yang Banyak Bakal Menguntungkan Pengusaha

Kali ini UD Trucks resmi merilis kendaraan Quester Euro5 di Indonesia, termasuk di Jabar. Peluncuran produk baru ini menyambut berlakunya regulasi

TRIBUNJABAR.ID/KEMAL SETIA PERMANA
Branch Manager Astra UD Trucks, Astra Biz Center, Syamsudin (tengah), memperkenalkan UD Trucks Quester Euro 5 di Astra Biz Center, Rabu (15/6/2022). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Dunia otomotif di Jabar kembali diramaikan oleh hadirnya kendaraan niaga truk yang makin ramah lingkungan. 

Kali ini UD Trucks resmi merilis kendaraan Quester Euro5 di Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

Peluncuran produk baru ini menyambut berlakunya regulasi kendaraan diesel yang dijual dan diproduksi di Indonesia yang harus lolos uji emisi Euro4 per 7 April 2022.

Branch Manager Astra UD Trucks, Astra Biz Center, Syamsudin, mengatakan bahwa Terkait regulasi ini, UD Trucks menjawabnya dengan memperkenalkan model terbaru Quester yang sudah memenuhi standar Euro 5 untuk pasar Jawa Barat, di Bandung, Selasa (14/06/2022).

"Truk yang diluncurkan UD Astra Motor Indonesia (UD AMI) ini punya standar emisi yang lebih baik, yakni Euro5. Lalu ada pertanyaan, mengapa tidak mendatangkan produk yang sesuai standar Euro4 lebih dulu?" ujar Syamsudin di Astra Biz Center, Rabu (15/06/2022).

Menurut Syamsudin, meluncurkan Euro5 merupakan solusi yang tepat bagi tuntutan pemerintah dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia.

Sejauh ini, kata dia, terdapat dua teknologi untuk memenuhi standar emisi gas buang yang ditetapkan pemerintah yakni teknologi Selective Catalytic Reduction (SCR) dan Exhaust Gas Recirculation (EGR).

Penggunaan Teknologi Exhaust Gas Recirculation (EGR) mengharuskan pengusaha truk untuk menggunakan bahan bakar bersulfur maksimal 50 ppm dan atau setara dengan Pertamina Dex.

Oleh karena mempertimbangkan peraturan pemerintah terkait standar emisi gas buang harus setara Euro 4 dan kepentingan pengusaha truk di Indonesia, menurutnya, maka UD Trucks memutuskan menggunakan teknologi SCR yang dapat beradaptasi dengan berbagai jenis bahan bakar Bio Solar atau B30 atau Solar Subsidi dan tetap menghasilkan emisi gas buang Euro 5.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved