Jenazah Eril Ditemukan

Rasa Haru Tercurah untuk Eril lewat Kertas di Ruang Ekspresi, Warga Bertakziah ke Gedung Pakuan

Warga menuliskan pesan untuk Eril dan keluarga pada secarik kertas kemudian menempelkannya di Ruang Ekspresi di Gedung Pakuan

Tribun Jabar/ Muhamad Syarif Abdussalam
Masyarakat menempelkan pesan untuk Eril dan keluarga di Ruang Ekspresi di sayap barat. 

Laporan Wartawan TribunJabar.id, Muhamad Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Masyarakat ramai berdatangan ke Gedung Pakuan, Kota Bandung, Minggu (12/6/2022).

Di rumah dinas Gubernur Jabar tersebut mereka melakukan takziah untuk putra Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau yang akrab disapa Eril.

Jika sebelumnya hanya undangan dan kalangan terbatas yang bisa bertakziah ke Gedung Pakuan, kini masyarakat dapat langsung ke Gedung Pakuan. Dari mulai anak-anak sampai orang tua, sendiri atau berkelompok, mereka memiliki tujuan yang sama, berdoa untuk Eril serta bersimpati dan empati kepada keluarganya.

Ada dua aktivitas utama yang bisa dilakukan warga di Gedung Pakuan. Pertama adalah menuliskan pesan untuk Eril dan keluarga pada secarik kertas kemudian menempelkannya di sebuah ruangan yang dinamakan Ruang Ekspresi di sayap barat.

Aktivitas kedua adalah salat gaib dan pengajian yang dilaksanakan secara bergantian di teras utama Gedung Pakuan atau ruang penerimaan. Karangan bunga pun terus berdatangan ke Gedung Pakuan.

Warga Jakarta Barat, Putri Melia (30), mengatakan ia sengaja mendatangi Gedung Pakuan di sela liburannya di Kota Bandung. Ia mengajak keluarganya untuk ikut menyampaikan belasungkawa, walaupun melalui tulisan di secarik kertas.

"Tadinya berharap bisa bertemu Bu Atalia, tapi tidak apa, yang penting saya sudah bisa menyampaikan. Mengajari anak-anak saya untuk bersimpati," kata Putri di Gedung Pakuan.

Warga Cipadung, Kota Bandung, Kamaludin (42), mengatakan ia pun sengaja mendatangi Gedung Pakuan untuk sekedar menyampaikan belasungkawa.

"Kami mendoakan agar keluarga selalu kuat dan semangat. Almarhum insya Allah syahid. Ini pelajaran bagi kita semua sebagai keluarga, harus saling menguatkan," kata Kamal.

Baca juga: Jenazah Putra Ridwan Kamil Tiba Berbarengan Laga Persib vs Bali United, Bobotoh Diajak Doakan Eril

Ia mengatakan tidak bisa menahan rasa haru dan sedih saat menuliskan pesan pada secarik kertas di Ruang Ekspresi. Ia mengatakan ternyata mengekspresikan rasa belasungkawa lewat tulisan sama beratnya dengan mengatakannya langsung.

Sebelumnya diberitakan, Kepala Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi Jabar Wahyu Mijaya mengatakN karena jenazah akan tiba pada Minggu malam pukul 22:00 WIB, masyarakat diperkenankan untuk bertakziah pada hari Minggu mulai pukul 23:00 hingga Senin pukul 08:00 WIB.

Kemudian mulai pukul 09:00 WIB Senin (13/6), jenazah akan berangkat ke lokasi pemakaman dengan rombongan keluarga inti. Melewati rute Gedung Pakuan- Wastu Kencana - Pintu Tol Pasteur-Tol Soroja dan menuju Cimaung.

"Kami berangkat mulai pukul 09:00 WIB, agar tidak mengganggu masyarakat yang akan berangkat bekerja atau sekolah, apalagi hari Senin yang padat. Kami mohon maaf jika ada kemacetan di jalan yang dilintasi," tegasnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved