Bukan Hanya Pantai, Bupati Jeje Wiradinata Kembangkan Wisata Budaya Kampung Sunda di Pangandaran

Selain membangun infrastruktur penunjang pariwisata Pemkab Pangandaran terus berusaha menggali potensi wisata salah satunya pengembangan kampung sunda

Penulis: Padna | Editor: Darajat Arianto
ISTIMEWA
Bupati Pangandaran H Heje Wiradinata bersilaturahmi ke Paguyuban Pasundan, di Gedung Paguyuban Pasundan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/6/2022). 

Laporan Kontributor Tribunjabar.id Pangandaran, Padna


TRIBUNJABAR.ID, PANGANDARAN  - Selain membangun infrastruktur penunjang pariwisata, Pemerintah Kabupaten Pangandaran terus berusaha menggali potensi wisata.

Di antaranya, saat ini sedang menjajaki pengembangan wisata budaya yaitu pengembangan kampung sunda.

Hal tersebut disampaikan Bupati Pangandaran H. Heje Wiradinata saat bersilaturahmi ke Paguyuban Pasundan, di Gedung Paguyuban Pasundan, Bandung, Jawa Barat, Rabu (8/6/2022).

"Saya mengunjungi Prof Didi Turmudzi (Ketua Umum Paguyuban Pasundan) untuk berdialog, bagaimana kita sekarang ini bisa bersinergi dalam mengembangkan budaya sunda dalam konteks kemajuan peradaban dan menjaga kelestariannya," ujar Jeje Wiradinata Bupati Pangandaran melalui rilisnya yang diterima Tribunjabar.id, Jum'at (10/6/2022) sore.

Jeje menyampaikan, memang rencananya bahwa Pemerintah Kabupaten Pangandaran bersama Paguyuban Pasundan membangun kampung sunda di Pangandaran.

"Insyaallah, kita juga akan membangun sebuah kampung sunda di Pangandaran, sebagai kebersamaan gotong royong juga kolaborasi antara Paguyuban Pasundan, Pemkab Pangandaran, teman-teman legislatif yang di Jawa Barat, untuk sama-sama membangun kawasan kampung sunda," katanya.

Rencananya, kata Ia, pembangunan kampung sunda ini akan berlokasi di Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.

"Lokasinya ada di Cikalong, desa yang yang secara kultur mereka masih menjaga dan mengembangkan serta melestarikan budaya sunda," ucap Jeje.

"Nantinya, kita ingin yang masuk ke Kampung Sunda ini menggunakan pakaian adat sunda dan tentu menggunakan bahasa Sunda. Yang nantinya juga, akan menjadi destinasi wisata sekaligus tempat untuk pengembangan budaya," ucapnya.

Jeje berharap, Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan Paguyuban Pasundan akan senantiasa membangun kolaborasi dalam mengembangkan potensi daerah terutama rencana pembangunan Kampung Sunda ini.

"Saya kebagian tugas menyiapkan lahan 10 hektar di Pangandaran, nanti akan desain sedemikian rupa," kata Jeje. (*)

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved