HOAKS Potongan Baju Emmeril Kahn Ditemukan di Sungai Aare, Pemprov Jabar Sebut False Connection

Namun, ternyata isi dari video berdurasi 3 menit 11 detik itu tidak sesuai judul yang dicantumkan.

Editor: Ravianto
Kompas.com
Sungai Aare, lokasi tenggelamannya Eril anak Ridwan Kamil 

TRIBUNJABAR.ID, BERN - Beredar video yang diunggah oleh kanal YouTube CCTV Seleb dengan judul ‘Detik-detik Interpol Swiss Kabarkan Temukan Baju Emmeril Khan, Tangis Haru Ridwan Kamil’ pada Senin (30/5/2022) mengenai hilangnya putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Kahn Mumtadz.

Berdasarkan penelusuran Tribunnews, pada thumbnail video tersebut, terlihat logo dari salah satu program acara televisi yaitu Insert Pagi serta bertuliskan “Tim SAR Swiss temukan Emmil potongan tubuh sudah mengembung”.

Namun, ternyata isi dari video berdurasi 3 menit 11 detik itu tidak sesuai judul yang dicantumkan.

Adapun isi video tersebut lebih menceritakan terkait usaha pencarian yang dilakukan oleh tim SAR dari Swiss.

Selain itu, video itu juga mengutip pernyataan dari Dubes Indonesia di Swiss, Muliaman Hadad, yang salah satunya menyatakan terkait kondisi Sungai Aare berada pada kondisi 16 derajat celcius saat proses pencarian.

Hingga video selesai, Tribunnews tidak melihat dan mendengar pernyataan adanya penemuan potongan baju Emmeril Khan sesuai yang dicantumkan dalam judul.

Di sisi lain, video ini pun juga telah direspons oleh Tim Siber Pemprov Jawa Barat melalui situs saberhoaks.jabarprov.go.id.

Dalam unggahannya, pihak tim siber Pemprov Jabar mengungkapkan bahwa video tersebut masuk dalam kategori hoaks berjenis false connection.

“Informasi tersebut tidak benar dan termasuk hoaks jenis False Connection,” jelasnya dalam unggahan berbentuk poster tersebut.

Selain itu, tim siber Pemprov Jabar juga mengutip melalui kanal YouTube Jabarprov TV terkait adanya konferensi pers berjudul “Press Conference Cuti Gubernur Jawa Barat dan Perpanjangan PLH Wakil Gubernur Jawa Barat” yang dilakukan pada Senin (30/5/2022).

Berdasarkan konferensi pers tersebut, juru bicara keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzzaman, mengungkapkan perkembangan pencarian hari keempat terhadap Eril yang dilakukan pada Minggu (29/5/2022).

“Kang Elpi menyebutkan ada beberapa hal yang akan dilakukan oleh otorisasi Swiss pada hari ke- ini diantaranya perncarian dengan menggunakan boat, driver, dan juga drone.”

“Selain ucapan terima kasih terhadap dukungan masyarakat kepada pihak keluarga, tidak hentinya kang elpi meminta doa yang terbaik untuk keselamatan Eril,” kutip Tim Siber Pemporv Jabar.

Melalui kutipan tersebut, Tim Siber Pemprov Jabar pun menyimpulkan bahwa video yang ditayangkan oleh kanal YouTube CCTV Seleb tersebut dengan inti judul telah ditemukannya potongan baju Emmeril tidak benar.

“Saat ini tepatnya hari ke-4 proses pencarian Eril masih dilakukan oleh pihak otorisasi di Swiss.”

“Informasi ini adalah jenis kategori False Connection,” jelasnya.

(Tribunnews/Yohanes Liestyo Poerwoto)

Artikel lain terkait Putra Ridwan Kamil Kecelakaan

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved