Mudik Lebaran 2022

Begini Kondisi Tol Cisumdawu Seksi 2 di Sumedang yang Baru Dibuka Khusus Mudik, Banyak Tanah Merah

Ruas tol ini dibuka untuk pemudik yang mulai ramai melintas ke Sumedang. Alasannya agar kendaraan tidak terkonsentrasi di jalur arteri Cadas Pangeran.

Penulis: Kiki Andriana | Editor: Seli Andina Miranti
Tribun Jabar/ Kiki Andriana
Suasana terowongan kembar di jalur seksi dua Pamulihan-Sumedang, Jumat (29/4/2022) siang. 

Laporan Kontributor TribunJabar.id Sumedang, Kiki Andriana

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Ruas Tol Cisumdawu seksi 2, Pamulihan-Bojong dibuka mulai hari ini, Jumat (29/4/2022). Jalan yang belum sepenuhnya selesai ini dibuka sebagai fungsi darurat.

TribunJabar.id berkesempatan memasuki ruas tol itu. Ikut bersama iring-iringan mobil kepolisian, wartawan menumpang sebuah bus.

Siang hari memasuki tol itu terasa cuaca sangat panas. Di kiri kanan jalan, masih tampak tanah-tanah merah bekas pengerukan belum lagi ditumbuhi rerumputan.

Baca juga: Seksi 2 Tol Cisumdawu Dibuka untuk Pemudik, Ini Batas Kecepatan Kendaraan yang Diperbolehkan

Jalan tol sendiri berupa beton. Ada noda-noda coklat seperti bekas ceceran tanah yang sudah dibersihkan di atas beton yang ke arah Sumedang kota itu.

Ruas tol ini dibuka untuk pemudik yang mulai ramai melintas ke Sumedang. Alasannya agar kendaraan tidak terkonsentrasi di jalur arteri Cadas Pangeran.

Mengingat Cadas Pangeran rawan longsor dan tanah ambles. Polisi khawatir terjadi bahaya yang mengancam pemudik sehingga membuka ruas tol Cisudawu seksi 2.

Namun, pembukaan tol hanya berlaku di siang hari dan saat kondisi cuaca cerah. Pembukaan tol hari ini dimulai pukul 14.00-17.00, namun mulai esok, tol dibuka lebih awal pada puukl 08.00 sampai pukul 17.00 WIB.

Bus yang TribunJabar.id tumpangi melaju dalam kecepatan sekitar 30 kilometer per jam. Memang laju di ruas tol ini tidak boleh lebih dari 40 kilometer per jam sebagaimana imbauan Kapolres Sumedang AKB Eko Prasetyo Robbyanto.

Bus melaju mengikuti iring-iringan. Cuaca sangat aerah dan kondisi jalan yang dilalui hanya satu lajur. Pengelola tol dan Satlantas Polres Sumedang memasang pembatas jalan agar tidak ada kendaraan yang terlalu melebar menggunakan seluruh badan jalan.

Baca juga: Tol Cisumdawu Seksi 2 Dibuka, Kecepatan Maksimal 40 Km/Jam, Hindari Beban di Cadas Pangeran

Kondisi ini terus berlangsung hingga tol selesai. Di beberapa bagian, terlihat ada penyempitan jalan yang selesai dikerjakan.

"Sesuai dengan kajian Kementerian PUPR bahwa di Cadas Pangeran ada kandungan air yang dapat memicu longsor atau tanah ambles, sehingga disarankan agar volume kendaraan yang melintas tidak terlalu berat," kata Kapolres Sumedang, AKBP Eko Prasetyo Robbyanto sebelum keberangkatan penegecekan tol.

Dengan kondisi demikian, Kapolres mengeluarkan diskresi untuk membuka ruas Tol Cisumdawu seksi 2 sebagai antisipasi agar jalur arteri Cadas Pangeran tidak longsor.

"Hari ini dibuka puku 14.00 sampai pukul 17.00, besok dibuka mulai pukul 08.00-17.00," kata Kapolres.

Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved