Mudik Lebaran 2022

Hari Kedua Uji Coba Ganjil Genap Mudik Lebaran di Tol Cipali, Ini Kondisi Arus Lalu Lintas

Ganjil genap di jalan tol dari Cikampek ke Cipali memasuki hari kedua uji coba.

Penulis: Ahmad Imam Baehaqi | Editor: taufik ismail
Tribuncirebon.com/Ahmad Imam Baehaqi
Kendaraan melintas saat uji coba penerapan ganjil genap di GT Palimanan Tol Cipali, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa (26/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Uji coba penerapan ganjil genap di jalur tol memasuki hari kedua dan diperpanjang dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga GT Palimanan Tol Cikampek - Palimanan (Cipali).

Penerapan ganjil genap di jalur tol tersebut tampak dimulai tepat pukul 11.00 WIB dan berakhir kira-kira pukul 13.00 WIB.

Secara umum, suasana arus kendaraan di GT Palimanan terlihat ramai lancar dan didominasi minibus yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah.

Selain itu, tidak terlihat antrean kendaraan di GT Palimanan Tol Cipali akibat kebijakan integrasi transaksi Cikampek-Kalikangkung.

Karenanya, para pengendara yang melintas dari arah Jakarta menuju Jawa Tengah tidak perlu tap e-toll di GT Palimanan sehingga tidak terjadi antrean kendaraan.

General Manager Operation PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Suyitno, memastikan, selama penerapan ganjil genap arus lalu lintas di Tol Cipali relatif lancar.

Namun, ia mengakui sempat menerapkan contra flow dari KM 162 - KM 157 sebelum ganjil genap diberlakukan akibat terjadi kecelakaan tunggal di KM 161.

"Sempat terjadi antrean juga, namun pukul 10.00 WIB kedua lajur kendaraan dipastikan sudah normal lagi," kata Suyitno saat ditemui di GT Palimanan Tol Cipali, Kecamatan Gempol, Kabupaten Cirebon, Selasa (26/4/2022).

Ia mengatakan, PT LMS selaku operator Tol Cipali siap mendukung seluruh kebijakan pemerintah yang diterapkan selama masa arus mudik - balik Lebaran.

Bahkan, menurut dia, termasuk penerapan ganjil genap hingga one way di jalur tol yang rencananya bakal diberlakukan pada akhir pekan ini.

Selain itu, pihaknya juga tengah mempersiapkan sarana dan prasarana pendukung uji coba ganjil genap dari KM 47 Tol Japek - GT Kalikangkung pada Rabu (27/4/2022) besok.

"Besok, kami siapkan beberapa sarpras yang bekerja sama dengan instansi terkait dalam uji coba ganjil genap hingga GT Kalikangkung," ujar Suyitno.

Baca juga: Saat Penerapan One Way di Jalur Tol, Polres Cirebon Kota Bakal Lakukan Ini

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved