Polisi Ungkap Modus Pemuda Asal Cirebon Edarkan Sabu-sabu, Gunakan Fitur Share Loc

Cara tersebut termasuk modus sistem tempel yang umum digunakan para pengedar sabu-sabu sehingga tidak perlu saling bertemu dengan konsumennya.

Tribun Cirebon/ Ahmad Imam Baehaqi
AS pengedar sabu-sabu yang diamankan Satnarkoba Polresta Cirebon, Jumat (8/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribuncirebon.com, Ahmad Imam Baehaqi

TRIBUNJABAR.ID, CIREBON - Pemuda berinisial AS (28) yang tercatat sebagai warga Cirebon harus berurusan dengan petugas Satnarkoba Polresta Cirebon.

Pasalnya, AS terbukti mengedarkan sabu-sabu. Bahkan, saat diamankan petugas juga menemukan 28 paket sabu-sabu siap edar.

Kasat Narkoba Polresta Cirebon, Kompol Danu Raditya Atmaja, mengatakan, tersangka menggunakan aplikasi pesan instan untuk bertransaksi narkoba.

Baca juga: Kata Marshel Widianto usai Diperiksa: Teman-teman Ditangkap Karena Narkoba, Aku Karena Bokep

Menurut dia, AS juga menggunakan fitur berbagi lokasi atau share loc untuk memberitahukan lokasi sabu-sabu kepada konsumennya.

"Jadi, AS mengirim foto dan share loc ke konsumennya setelah menyimpan sabu-sabu di suatu tempat," kata Danu Raditya Atmaja saat konferensi pers di Mapolresta Cirebon, Jalan R Dewi Sartika, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jumat (8/4/2022).

Ia mengatakan, cara tersebut termasuk modus sistem tempel yang umum digunakan para pengedar sabu-sabu sehingga tidak perlu saling bertemu dengan konsumennya.

Namun, pihaknya mengakui cara yang dilakukan AS dalam mengedarkan narkoba termasuk lebih akurat karena dilengkapi share loc berikut fotonya.

Selain itu, dari ponsel AS juga ditemukan bukti percakapan transaksi narkoba yang dilengkapi share loc untuk memberitahukan lokasi penyimpanannya.

Tersangka akan mengirimkan lokasi tersebut setelah konsumennya mentransfer uang pembelian barang haram tersebut.

"Kami temukan bukti berbagi lokasi tersebut dalam percakapan di aplikasi pesan instan di ponselnya, dan ada banyak," ujar Danu Raditya Atmaja.

Baca juga: Tak Hanya Menindak Pembuat Onar, Polisi Gencar Berantas Narkoba di Sukabumi, 26 Kasus Terungkap

Danu menyampaikan, dari hasil pemeriksaan sementara AS biasa mengedarkan sabu-sabu di wilayah Kabupaten Cirebon.

Sementara barang bukti yang berhasil diamankan, di antaranya, sabu-sabu seberat 64,32 gram, bong, sedotan plastik, selotip, timbangan, ponsel, dan lainnya.

Sumber: Tribun Cirebon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved