14.000 Liter Minyak Goreng Tumpah ke Jalan & Selokan di Ciamis, Warga yang Mengambil dari Mana-mana

Warga mengambil belasan ribu liter minyak goreng yang tumpah di jalan dan selokan.

Penulis: Andri M Dani | Editor: taufik ismail
TRIBUN JABAR / ANDRI M DANI
Truk tangki yag mengangkut sekitar 14.000 liter minyak goreng terguling di jalan raya Ciamis-Cirebon, Desa Muktisari Cipaku, Ciamis, Selasa (29/3/2022). 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS - Sekitar 14.000 liter minyak goreng curah tumpah menggelontor ke jalan dan selokan menyusul tergulingnya truk tangki Z 9756 TA yang dikemudikan Anwar Alamir (71) di tikungan Cikadal, Jalan Raya Ciamis-Kawali, Dusun Warung Jarak, RT 03/09, Desa Muktisari, Cipaku, Ciamis, Selasa (29/3/2022) pukul 14.15.

Warga berdatangan ke lokasi dan ada juga yang mengambil minyak goreng yang tumpah menggelontor di jalan dan selokan.

Mereka menggunakan ember, wadah bekas cat, galon air mineral, baskom, dan sebagainya.

Warga mengambil minyak goreng seperti mengambil air yang sedang mengalir.

“Warga datang dari mana-mana, yang lewat juga ikutan. Warga sini mah sibuk membantu korban. Sopir dan kernet itu luka-luka, terlebih kernet yang terpental dari kabin,” kata Abah Suparto (64) warga Cikadal kepada Tribun di lokasi pascakejadian, Rabu (30/3/2022).

Untuk membawa korban ke Puskesmas Cipaku, menurut Abah Suparto, warga sempat kesulitan.

“Beberapa kali mobil yang lewat distop tak mau berhenti. Beruntung akhirnya ada sopir mobil bak terbuka yang berhenti dan kami bawa korban ke puskesmas. Jadi kurang merhatiin siapa saja yang ngambil minyak tumpah. Tapi kebanyakan katanya orang luar blok ini,” ucapnya.

Waktu kejadian Selasa (29/3) pukul 14.15 tersebut menurut Abah Suparto, ia sedang membersihkan rumput halamannya .

Tiba-tiba ia mendengar suara benturan keras disusul sedikit getaran.

“Waktu saya lihat ke bawah tampak ada tangki terguling. Dan tembok tebing halaman saya sudah porak poranda, runtuh,” ujar Abah Suparto.

Menurut Abah Suparto, diduga mobil tangki tersebut mengalami rem blong sehingga sopir tidak bisa mengendalikan mobil yang dikemudikannya.

Mobil tangki yang meluncur turunan dan tikungan Cikadal dari arah Kawali menuju Ciamis tersebut membentur tiang telepon dan menghantam kirmir (TPT)  tebing halaman rumah Abah Suparto.

Tembok kirmir setinggi 2,5 meter itupun runtuh sebagian.

“Sehebat apapun sopir, bagaimana tinggi pengalamannya tapi kalau sudah mobil sudah mengalami rem blong jelas sulit dikendalikan. Tembok kirmir ini sudah beberapa kali jadi korban. Pernah dihantam truk pembawa batu bara, juga pernah oleh tangki yang mengangkut zat kimia. Dan yang paling parah memang kemarin, dihantam tangki yang bawa minyak goreng,” katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jabar
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved