Truk Tangki Terguling, 14.000 Liter Minyak Goreng Tumpah ke Jalan di Ciamis, Warga Pun Berebutan

Truk tangki Z 9756 TA yang mengangkut minyak sawit (minyak goreng) terguling di jalan  raya  Ciamis-Cirebon, Cipaku, Ciamis, Selasa (29/3) pukul 14.15

Penulis: Andri M Dani | Editor: Darajat Arianto
TRIBUNJABAR.ID/ANDRI M DANI
Truk tangki yag mengangkut sekitar 14.000 liter minyak goreng terguling di jalan raya Ciamis-Cirebon, Desa Muktisari Cipaku, Ciamis, Selasa (29/3/2022). 

Laporan wartawan Tribunjabar.id, Andri M Dani

TRIBUNJABAR.ID,CIAMIS – Truk tangki Z 9756 TA yang mengangkut minyak sawit (minyak goreng) terguling di jalan nasional, jalan  raya  Ciamis-Cirebon, belokan Cikadal Dusun Warungjarak Rt 03 RW 09 Desa Muktisari Kecamatan Cipaku Ciamis, Selasa (29/3) pukul 14.15 siang.

Sekitar 14.000 liter minyak goreng tumpah ke selokan dan jalan. Warga pun berdatangan ke lokasi dan berebut minyak goreng tumpah.

“Lumayan dapat 4 kg, ngambil tadi pakai ember dari selokan. Lumayan sekarang kan lagi susah lisah (minyak goreng),”   Oong Herdiana (63), warga Kampung Cikadal Rt 01 RW 09 yang rumahnya tidak jauh dari lokasi kejadian kepada Tribun Selasa (29/3).

Menyusul kejadian adanya truk tangki dan minyak goreng tumpah, menurut Mang Oong, warga berdatangan ke lokasi kejadian membantu evakuasi sopir dan kernet truk yang mengalami luka-luka . Bersama petugas  membawa korban ke Puskesmas Cipaku.

Warga yang berdatangan juga berebut minyak goreng tumpah ke jalan dan selokan yang menggelontor dari truk tangki yang terguling.

Tapi tidak lama, karena waktu mau salat Ashar turun hujan lebat. Minyaknya campur air hujan  menggelontor hanyut ke selokan.

“Tidak lama setelah kejadian hujan turun, jadi lisahnya  sudah bercampur air hujan mengelontor ke got dan terus ke selokan Cikadal. Juga ke jalan,” katanya.

Agar jalan tidak licin tumpahan minyak goreng tersebut disiram dedak (huut) dan serbuk gergaji.

“ Waktu kejadian saya sedang berada di depan rumah. Tiba-tiba muncul tangki mobil tangki dari arah Kawali menuju Ciamis. Kencang juga, tapi seperti lajunya tidak terkendali saat lewat belokan dan jembatan Cikadal. Benar saja kemudian saya dengar benturan. Tangki menghantam tembok tebing jalan dan terguling,” ujar Mang Oong yang juga mantan sopir tersebut.

Waktu kejadian menurut Mang Oong, arus lalu lintas cukup sepi. Hanya ada  satu mobil yang melaju di depan mobil tangki.

Menurut Mang Oong, ruas jalan di Belokan Cikadal jalan raya Ciamis-Cirebon di Dusun Warungjarak cukup rawan, terutama bagi kendaraan yang melaju dari arah Kawali menuju Ciamis.

“Tingkungan belokan Cikadal ini kan cukup tajam, dari arah  Kawali jalannya menurun. Rawan memang, di beloklan ini sudah sering terjadi kecelakaan. Tahun 2017 dulu, mobil tangki baw cairan kimia (untuk bahan baku sabun) juga terguling di lokasi yang sama,” ungkap nya.

Menyusul tergulingnya truk tangki di belokan Cikadal tersebut, petugas Satlantas Polres Ciamis mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup. Antrian kendaraan dari dua arah pun tak terhindarkan lagi sejak kejadian sampai menjelang magrib.

Sampai pukul 17.15 Selasa (29/3) petang tersebut, truk tangki yang terguling masih berada di lokasi kejadian. Dua mobil derek sudah disiapkan untuk mengevakuasi truk tangki. Dan arus lalu lintas masih diatur dengan sistem buka tutup. (*)

  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved